People Innovation Excellence
 
Feature Image

APLIKASI MOBILE GAME PENGENALAN BUDAYA “WAYANG DEFENDERS” BERBASIS ANDROID

APLIKASI MOBILE GAME PENGENALAN BUDAYA “WAYANG DEFENDERS” BERBASIS ANDROID

Oleh : Ananda Wiratama Chandra, Ervan Adetya Sukianto, Ernawatya, dan Yulyani Arifin

Tujuan penelitian adalah menghasilkan suatu aplikasi game yang dapat dimainkan secara mobile dengan sistem operasi android yang memiliki beberapa fitur. Selain itu juga menghasilkan suatu aplikasi yang dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan minat user untuk mempelajari budaya pewayangan melalui aplikasi game ini. Metode penelitian yang digunakan ada dua yaitu metode analisis dan metode pengembangan aplikasi. Metode analisis yang dilakukan adalah mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner, melakukan perbandingan pada game sejenis, dan studi pustaka. Sedangkan metode pengembangan aplikasi yang diterapkan dalam perancangan aplikasi game ini adalah metode Scrum. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi mobile game yang berjudul “Wayang Defenders” yang bergenre tower defense berbasis android dengan tema budaya pewayangan Indonesia yang mengangkat cerita dan tokoh utama Arjuna. Pada game ini terdiri dari enam stage dan dilengkapi dengan fitur reward, collectible hero, upgrade hero, dan ensiklopedia. Simpulan dari penelitian ini adalah aplikasi mobile game bergenre tower defense dengan tema budaya pewayangan Indonesia ini berjalan baik pada platform android. Selain itu aplikasi ini membantu memperkenalkan dan menambah pengetahuan, serta meningkatkan minat user untuk mempelajari seni budaya wayang Indonesia.

Kata Kunci : Game, tower defense, wayang, android, Scrum.

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close