People Innovation Excellence

APLIKASI PERMAINAN “POKEMON ARVENTURE” DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS LOKASI PADA PLATFORM ANDROID

APLIKASI PERMAINAN “POKEMON ARVENTURE” DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS LOKASI PADA PLATFORM ANDROID

oleh : Vincentius Madya Putra Indramawan, Adrian Restu Putranto, Yehezkiel Wijaya, dan Albertus Agung

Menurut data dari Statista, penggunaan smartphone pada masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu penelitian ini dibuat untuk merancang dan melakukan analisis pembuatan permainan dalam operating system berjenis Android dan dapat dimainkan kapanpun, dimanapun, serta dengan tambahan teknologi Augmented Reality. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah kuesioner, perbandingan aplikasi sejenis, dan studi pustaka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Extreme Programming. Analisis kebutuhan pengguna dilakukan menggunakan metode kuisioner dengan responden acak, kemudian perancangan dilakukan mulai dari perancangan fitur-fitur permainan, merancang storyboard, use case, class dan activity diagram. Setelah data sudah didapat, game di implementasi menggunakan bahasa pemrograman Java menggunakan IDE Eclipse. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah permainan yang berjudul Pokemon ARventure. Pokemon ARventure adalah aplikasi permainan pada platform Android yang menggunakan karakter Pokemon dan membuat pemain masuk kedalam dunia permainan. Latar dari permainan ini adalah seluruh peta Indonesia secara utuh. Pemain akan melakukan perjalanan secara nyata dan menangkap Pokemon yang ada di sekitarnya. Simpulan yang dapat diambil dari permainan Pokemon ARventure ini adalah, pemain dapat melakukan perjalan sambil bermain Pokemon ARventure, serta dapat memperkenalkan suatu tempat bersejarah atau wisata kepada pemain dengan meletakkan Pokemon Langka di tempat tersebut.

Kata Kunci: Permainan, Pokemon, Android, Augmented Reality


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close