People Innovation Excellence

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SHARING EDUCATION BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN INFRASTRUKTUR CLOUD COMPUTING

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SHARING EDUCATION BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN INFRASTRUKTUR CLOUD COMPUTING

Oleh : Olivia Fransisca Tanto, Andreas Aditha Pramana, Dicky Larson, dan Alfonsus Bram Radityo Nugroho

Tujuan penelitian ialah menghasilkan aplikasi pada smartphone Android yang dapat menyediakan e-book dan soal mata pelajaran SMA, wadah untuk bertukar pendapat antar pelajar SMA dan menguji kemampuan pelajar dengan data yang ada disimpan dalam cloud computing yang terhubung dengan server secara virtualisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, kuesioner, dan analisa hasil kuesioner. Studi literatur dilakukan dengan membaca buku, artikel online, skripsi, dan jurnal untuk mendapatkan landasan dasar penulisan skripsi. Kuesioner dilakukan dengan membagikan pertanyaan ke pelajar SMA untuk mendapatkan feedback. Analisa hasil kuesioner dilakukan dengan menganalisis kebutuhan responden berdasarkan hasil kuesioner dan analisis dari topologi jaringan cloud computing yang digunakan di dalam server virtual yang memiliki peran dalam menyimpan data dan keamanan data. Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi pada smartphone Android yang membantu pelajar SMA untuk mendapatkan e-book dan soal, tempat untuk bertukar informasi, dan menguji kemampuan pelajar SMA serta data tersimpan dalam cloud computing yang terhubung dengan server secara virtualisasi. Simpulan, menghasilkan aplikasi pada smartphone Android untuk pelajar SMA yang memiliki fitur seperti download e-book dan soal, forum untuk saling berbagi informasi dan test online untuk menguji pengetahuan. Selain itu, sistem aplikasi tersimpan di dalam cloud computing yang membuat data terintegrasi, serta mengurangi resiko kehilangan data.

Kata Kunci : E-book, Android, Smartphone, Cloud Computing


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close