People Innovation Excellence

ANALISIS PEMILIHAN MUTU DAUN TEH BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING

ANALISIS PEMILIHAN MUTU DAUN TEH BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING

Oleh : COSTARIKO ORARI, Ngarap Imanuel Manik dan Iwa Sungkawa

Pada proses penilaian mutu teh. Teknik pembobotan tiap kriteria yang berbasis komputer dengan menggunakan metode multi criteria decision making berupa metode analytical Hierarchy Process (AHP) dan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE). Mutu teh seringkali dijumpai kendala keterbatasan sensorik dari orang yang menilai.Penelitian ini betujuan untuk menentukan pemilihan daun teh yang bermutu.

Permasalahan dalam pemilihan daun teh bermutu adalah sulitnya menentukan daun teh mana yang bermutu berdasarkan banyaknya pertimbangan kriteria. Metode multi criteria decision dipergunakkan untuk melakukan penilaian skala numerik dan linquis sedangkan untuk teknik perangkingan atau pembobotan setiap kriteria terhadap tiap – tiap kriteria di pergunakan metode logika fuzzy

Metode logika fuzzy ini dapat mendokumentasikan pengalaman – pengalaman para tester teh untuk pembobotan setiap kriteria selain itu dapat juga mengkoreksi hasil penilaian mutu teh yang dilakukan oleh para tester. Metode logika fuzzy ini tidak dapat digunakan apabila perbedaan antara penilaian teh yang dilakukan oleh satu tester dan tester lainnya terlalu jauh. Karena metode ini mampu mengakomodir kriteria pemilihan yang bersifat kuantitatif dan kualitatif

Kata Kunci : Mutu daun teh , Berbasis komputer , Metode multi criteria decision making,metode AHP, metode MPE


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close