People Innovation Excellence

PERANCANGAN DAN ANALISIS PERHITUNGAN DANA PENSIUN MENGGUNAKAN METODE INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM BERBASIS MOBILE APPLICATION

PERANCANGAN DAN ANALISIS PERHITUNGAN DANA PENSIUN MENGGUNAKAN METODE INDIVIDUAL LEVEL PREMIUM BERBASIS MOBILE APPLICATION

Oleh : Rino Fitriyanto, Ro’fah Nur Rachmawati,dan Derwin Suhartono

Semakin banyaknya tenaga kerja dan persaingan mendapatkan tenaga kerja membuat perusahaan harus memberi program yang membuat para pegawai nyaman bekerja di perusahaan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kenaikan gaji dan cara pembayaran dana pensiun terhadap pembayaran setiap bulan selama masa kerja dan jumlah yang akan diterima pegawai setelah masa pensiun dan mempermudah perhitungan dengan membuat sebuah aplikasi berbasis Android. Penelitian ini membahas tiga asumsi gaji yaitu, asumsi gaji terakhir, asumsi gaji 5 tahun terakhir, dan asumsi rata-rata gaji selama bekerja, dan dihitung dengan metode Individual Level Premium. Jika tidak menggunakan perhitungan aktuaria kemungkinan salah satu pihak akan dirugikan misalnya iuran per bulan terlalu tinggi dan total pembayaran tidak sesuai dengan nilai anuitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan ketiga asumsi gaji di atas, asumsi gaji rata-rata selama bekerja memiliki nilai yang stabil per tahunnya sehingga efektif digunakan untuk pembayaran jangka panjang. Perusahaan juga dapat menghitung dengan cepat dengan aplikasi yang telah dibuat.

Kata kunci: Individual Level Premium, dana pensiun, Android, anuitas, aktuaria


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close