People Innovation Excellence

PERANCANGAN STEGANOGRAPHY PADA GAMBAR MENGGUNAKAN METODE PIXEL VALUE DIFFERENCING BERBASIS WEB

PERANCANGAN STEGANOGRAPHY PADA GAMBAR MENGGUNAKAN METODE PIXEL VALUE DIFFERENCING BERBASIS WEB

Oleh : Jofano Priangga Rahardja, Rojali dan Ngarap Imanuel Manik

Pada steganografi, penyisipan pesan pada umumnya dilakukan pada Least Significant Bit (LSB), yaitu bit pada suatu byte biner yang memiliki nilai paling tidak berarti. LSB sering diartikan sebagai bit bernilai paling kecil atau dengan kata lain bit paling kanan akibat perubahan terhadap bit tersebut tidak menyebabkan perubahan nilai keseluruhan yang signifikan. Jika disesuaikan dengan pesan yang disisipkan, akan diperoleh banyak metode dalam melakukan penyembunyian informasi (steganografi) seperti memanfaatkan Least
Significant Bit Subtitution dan Pixel Value Differencing (PVD). Pada makalah ini akan dibahas
implementasi dan analisis steganografi dari Pixel Value Differencing (8 titik tetangga). Di perkembangan yang pesat saat ini, banyak sekali data yang bersifat rahasia (hanya pengirim dan penerima yang mengetahui isi pesan). Oleh karena itu, metode penyembunyian pesan sangat diperlukan. Penyembunyian pesan dapat disisipkan pada sebuah citra (gambar, audio, video) dengan metode Pixel Value Differencing (PVD). Metode Pixel Value Differencing (PVD) merupakan metode yang sudah sering digunakan dan sudah banyak pengembangan mengenai metode Pixel Value Differencing (PVD). Metode Pixel Value Differencing (PVD)
pun memiliki banyak ketentuan-ketentuan yang sedikit rumit. Sehingga hasil dari penyembunyian pesan pun mendekati sempurna dengan  nilai PSNR yang berkisar 50 – 70 dB.(JP)

Kata Kunci: Pixel Value Differencing (PVD), LSB, Steganografi, citra, pesan


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close