People Innovation Excellence

2016


Bina Nusantara Robot Humanoid ( BIMAX )


Deskripsi:

Bina Nusantara Robot Humanoid adalah robot mirip manusia yang cerdas (intelligent humanoid robot) yang dimana robot tersebut dapat mengenali ucapan manusia dalam Bahasa Indonesia dan juga bias merespon dalam Bahasa Indonesia. Robot ini diberi nama BIMAX.

BIMAX terdiri dari dua sistem, yaitu robot system dan raspberry pi system. Robot system berguna untuk sistem pergerakkan motor, sedangkan raspberry pi system sebagai sistem kontrol robot.

Secara singkat, cara kerja BIMAX yang pertama dilakukan adalah mendeteksi wajah pengguna. Setelah itu, terjadi proses “training” pengenalan wajah. Selanjutnya, raspberry pi system akan mengirimkan sinyal ke controller robot untuk menggerakkan motor robot. Pada proses inilah robot akan membaca sinyal yang masuk, lalu memberikan respon kepada user dengan mengucapkan salam.

Saat ini, BIMAX mampu melakukan interaksi dengan manusia, misalnya bercerita, memberikan salam dan memainkan musik. Sebagai contoh, robot ini dapat menjadi teman guru di sekolah dalam memberikan edukasi kepada para murid. Hal tersebut terjadi karena kemampuannya yang dapat meyimpan banyak data atau informasi dan mampu menjelaskan kembali data dan informasi tersebut kepada user yang meminta

Screenshots:

Video:

Members:

  • Reinhard Lazuardi Kuwandy
  • Oey Kevin Wijaya
  • Christian Tarunajaya
  • Azani Cempaka Sari
  • Alexander Agung Santoso Gunawan
  • Heri Ngarianto

Advisor:
Dr. Widodo Budiharto


Bina Nusantara Wheelchair


Deskripsi:

Bina Nusantara Wheelchair (BNW) adalah kursi roda yang digunakan sebagai alat bantu jalan untuk orang yang tidak mengalami kelumpuhan total, karena BNW tidak hanya bisa bekerja dengan sinyal otak, tetapi juga gerakan leher serta kedipan mata.

Yang membedakan kursi roda biasa dengan BNW adalah karena BNW memiliki komponen berupa emotiv epoc headset, emotiv research SDK, arduino uno, motor driver, motor DC dan aki sebagai baterai.

Pengontrol menerima sinyal yang telah diolah untuk diteruskan ke motor driver dan motor DC, memungkinkan perangkat bergerak. Tombol darurat berfungsi untuk menghentikan kerja perangkat dalam kondisi bahaya.

Terpisah dengan kursi roda, terdapat emotive epoc headset. Bentuknya seperti headset biasa tetapi memiliki 14 tonjolan. Di ujung tonjolan, ada elektroda yang berfungsi menangkap sinyal dari otak dan memperkuatnya. Bagian luar elektroda harus dibasahi dengan cairan elektrolit sehingga membantu menangkap sinyal.

Neuroheadset terhubung dengan laptop via bluetooth. Di dalam laptop itulah tersimpan perangkat lunak yang berfungsi mengolah sinyal. “Otak” BMW tersebut akan menghilangkan noise dan menggolongkan sinyal sesuai kebutuhan sebelum dikirim ke pengontrol.

Screenshots:

Video:

Member:

  • Ivan Halim
  • Jennifer Santoso
  • Alexander Agung Santoso Gunawan

Advisor:

Dr.Widodo Budiharto


Coffee Maker Robot


Deskripsi:
Coffee Marker Robot adalah robot yang bisa membuat kopi secara otomatis dengan perintah suara berbahasa Indonesia.

Author:
– Widodo Budiharto
– Meiliana
– Alexander Agung Santoso Gunawan

Video:


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close