People Innovation Excellence

PEMBUATAN APLIKASI E-PREMIUM BERBASIS WEB UNTUK MODUL TERKAIT SECTION PADA PT. SILVA RIMBA LESTARI

 PEMBUATAN APLIKASI E-PREMIUM BERBASIS WEB UNTUK MODUL TERKAIT SECTION PADA PT. SILVA RIMBA LESTARI

Oleh : Wan Satria Andanu, Ryan Deo Anantyo, Ida Sri Rejeki Siahaan

Pada era teknologi informasi ini, perkembangan teknologi informasi sangat pesat dan teknologi informasi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Teknologi informasi berperan sebagai alat atau layanan yang membantu manusia untuk menciptakan, memodifikasi, menyimpan, mengelola, komunikasi, dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi sangat banyak digunakan terutama di dunia Internet, Internet adalah sebuah jaringan yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer lainnya menggunakan protokol Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP) yang berfungsi sebagai protocol pertukaran. Sehingga saling dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi satu sama lainnya.

Internet telah menjadi bagian yang penting didalam kehidupan manusia. Sehingga manusia memanfaatkanInternetuntuk mendukung hal produktivitas sehari-hari. Seperti aplikasi Evernote (aplikasi yang berfungsi untuk mencatat note), Wallet (aplikasi yang berfungsi untuk mencatat keuangan) dan Rescue Time (aplikasi yang berfungsi untuk mengukur jam produktivitas). Meskipun ada beberapa manusia yang menggunakan internet untuk hal negatif. Beberapa manfaat dari internet misalnya, internet memungkinkan pengiriman informasi secara real time, komunikasi, dan membantu beberapa aspek aktivitas manusia.

Menurut Internet World Stats pada tahun 2015, pengguna internet dari waktu ke waktu selalu bertambah. Persentase data pengguna internet pada tahun 2015 kuartal 2 hingga 30 Juni 2015 sebesar 3,270,490,584 orang di seluruh dunia, dengan pengguna Asia yang telah mencapai 1,5 miliyar orang.Penggunaan teknologi Internet saat ini juga telah mengubah cara kerja di berbagai sektor di dunia industri, termasuk perusahaan-perusahaan besar. Secara lebih spesifik dalam pengelolaan kerja dan karyawan yang ada dalam perusahaan. Kegiatan yang sebelumnya di kerjakan secara manual, kini telah di gantikan atau di maksimalkan dengan menggunakan teknologi Internet. Contohnya saja dalam berkomunikasi satu sama lainnya, serta mengakses beberapa aplikasi yang juga digunakan untuk menyimpan, dan mengelola data karyawan.Berikut adalah aplikasi yang menggambarkan contoh aplikasi sesuai dengan keterangan di atas seperti: Zimbra (aplikasi yang berfungsi untuk mengelola email), Microsoft Office (aplikasi untuk mengelola dokumen) dan Asana (Aplikasi yang berfungsi untuk memanajemen sebuah proyek atau disebut dengan project managementapplication).

Penggunaan Internet dianggap mampu mempermudah pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya tidak menggunakan teknologi Internet. Misalnya untuk media komunikasi, dengan menggunakan Internet setiap orang dapat berkomunikasi dengan mudah melalui e-mail, chatting, messenger atau media komunikasi lainnya yang menggunakan teknologi Internet.Website adalah salah satu layanan yang popular pada Internet yang memuat kumpulan dokumen, yang terkait satu sama lain dan dapat di akses oleh siapapun yang terhubung dengan Internet. (Shelly & Vermaat, 2011, pp. 13)

Hal ini pula yang memicu banyak perusahaan memanfaatkan teknologi Internet sebagai salah satu strategi bisnis dalam menyimpan dan mengelola data karyawannya. Sehingga banyak sekali dibuat web application, yaitu sebuah website yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan perangkat lunakmelalui browser pada komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dengan internet. (Shelly & Vermaat, 2011, pp.91)

Dalam teknologi informasi terdapat dua jenis jaringan internet dan intranet. internet adalah sebuah kumpulan dari beberapa jaringan intranet yang digabungkan menjadi satu kumpulan yang besar. Sedangkan intranet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan beberapa orang dalam sebuah kantor atau area saja, yang hanya bisa di akses oleh orang yang berwewenang didalam jaringan intranet tersebut.

Karyawan adalah sebuah unsur yang sangat penting dan vital bagi perusahaan tersebut, pastinya dalam pengelolaan karyawan ada beberapa proses seperti perekrutan, penggajian, dan pembagian bonus. Semakin besar perusahaan tersebut maka semakin banyak pula karyawan yang harus di kelola oleh perusahaan tersebut. Seperti dalam proses mengelola karyawan terutama untuk pembagian bonus.Proses pembagian bonus karyawan adalah sebuah proses bisnis yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Proses tersebut berfungsi untuk menghitung kinerja dari karyawan-karyawan tersebut, sehingga dari hasil tersebut dikeluarkanlah bonus untuk karyawan yang telah mencapai target kinerja mereka.

Pada perusahaan PT Silva Rimba Lestariterutama untuk divisi Human Resource Development(HRD) memiliki banyak proses bisnis, yang selama ini beberapa dari bisnis proses mereka sudah menggunakan aplikasi Systems Applications Products (SAP). Tapi masih ada beberapa proses bisnis seperti proses perhitungan bonus karyawan masih dilakukan dengan cara manual, yaitu menyimpan menggunakan Microsoft Excel. Tentunya cara ini sangat memiliki banyak resiko. Beberapa resikonya seperti data yang tidak konsisten dan faktor human error. Faktor data tidak konsisten disebabkan karena tidak ada fungsi locking terhadap aplikasi excel sehingga semua orang bisa merubah data tersebut. Dampak dari faktor human error adalah rumus yang dimasukkan manual sehingga jika terjadi kesalahan maka semua data akan berubah. Terlebih lagi dari penyimpanan data di fileexcelyang tidak terpusat pada satu databasesehingga menyebabkan dampak data bisa dirubah kapan saja, dan data tidak bisa di integrasikan dengan database SAP. Oleh karena itu, maka dibuatlah sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk perhitungan bonus karyawan yaitu e-premium.

Secara umum e-premium adalah sebuah aplikasi webyang memberikan fasilitas perhitungan bonus karyawan melalui media elektronik. Dalam proses perhitungan bonus karyawan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti, menentukan target, actual, bobot dari target pencapaian yang dimiliki oleh perusahaan.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close