People Innovation Excellence

IMPLEMENTASI MODUL PENJUALAN DAN PELAYANAN MENGGUNAKAN SALESFORCE.COM PADA PT.E-COMMERCE

IMPLEMENTASI MODUL PENJUALAN DAN PELAYANAN MENGGUNAKAN SALESFORCE.COM PADA PT.E-COMMERCE

Oleh :  Agnes, Jefrin Jayalie, Haysa Evana, Widodo Budiharto, Willy Chiandra

Perkembangan teknologi merupakan satu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Berbicara mengenai teknologi, internet merupakan salah satu perkembangan teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo, 2014) menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia hingga tahun 2014 telah mencapai 82 juta orang. Dengan pencapaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia.

Tidak hanya sekedar untuk mencari informasi dan chatting, masyarakat Indonesia juga menjadikan internet sebagai bagian dari gaya hidup. Hal ini menyebabkan banyaknya perusahaan yang menjadikan internet sebagai salah satu sarana yang dilakukan untuk berkomunikasi dan berinterkasi dengan customer. Tidak hanya perusahaan yang berskala kecil dan menengah, tetapi banyak juga perusahaan berskala besar memanfaatkan internet dan web sebagai transaksi bisnis (E-commerce).

Menurut data analisis Ernst & Young (Tempo.com 2015), dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di Indonesia setiap tahun meningkat 40%. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Lembaga riset ICD (ICD Research, 2012) juga memprediksi bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan tumbuh 42% dari tahun 2012-2015. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan Negara lain seperti Malaysia (14%), Thailand (22%), dan Filipina (28%).

Perkembangan dunia bisnis yang tidak dapat diprediksi seperti inilah yang menjadikan setiap perusahaan e-commerce harus memiliki strategi khusus agar dapat mempertahankan bisnis perusahaan tersebut dari tekanan

 

kompetitor. Melihat realita ini, konsep CRM (Customer Relationship Management) telah berkembang sedemikian rupa sehingga saat ini dapat dilihat sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan untuk dapat mempertahankan hubungan jangka panjang dengan customer. Karena sebuah hubungan baik dengan customer merupakan kunci dari kesuksesan bisnis. (Mishra, 2009, pp.83).

  1. Phincon merupakan salah satu perusahaan IT yang khusus bergerak di bidang Consultant CRM yang hingga saat ini terus membangun solusi yang dapat membantu perusahaan yang menjadi kliennya dalam meningkatkan kualitas hubungan dengan para customer.

Menilik dari fenomena mengenai e-commerce pada saat ini, PT. Phincon menawarkan solusi kepada PT. XYZ yang merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia untuk dapat mempertahankan hubungan jangka panjang dengan customer dengan menggunakan salah satu sistem yang juga merupakan salah satu produk solusi yang ditawarkan oleh PT. Phincon, yaitu dengan menggunakan Salesforce.com.

Salesforce.com merupakan sebuah Software Cloud Computing pertama yang mengembangkan CRM yang dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan hubungan jangka panjang dengan customer. Dengan keunggulan yang diberikan oleh cloud computing saat ini seperti:

  1. Penerapan sistem yang cepat
  2. Bebas biaya pemeliharaan sistem
  3. Dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, menjadikan cloud computing banyak digemari oleh perusahaan saat ini.

Hal ini juga yang menyebabkan PT. XYZ bersedia menggunakan Salesforce.com sebagai salah satu software cloud yang digunakan untuk dapat menjalin hubungan yang lebih baik, dan dapat mempertahankan hubungan jangka panjang dengan customer.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close