People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI E-HARVEST BERBASIS WEB PADA PT. SOLA INTERACTIVE

PENGEMBANGAN APLIKASI E-HARVEST BERBASIS WEB PADA PT. SOLA INTERACTIVE

Oleh :  Vanny Tjahyadi, Henson, Natalia Chandra, Wendy Thedy

“Perkembangan teknologi informasi saat ini berlangsung sangat cepat. Pesatnya kemajuan dalam bidang teknologi informasi membuat aplikasi mempunyai peran penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara. Dengan makin banyaknya perusahaan pembuat aplikasi, lowongan kerja baru bermunculan dan berbagai aspek kehidupan bisa dibuat lebih praktis.” (Yoga Hastyadi Widiartanto, 2015). Hal yang dimaksud dengan aplikasi disini tidak sebatas aplikasi game atau aplikasi mobile pada android atau iOs tetapi aplikasi web. “Aplikasi web adalah aplikasi yang dapat diakses dengan menggunakan web browser pada suatu jaringan.” (Sabah Al-Fedaghi,2011, pp.58) Salah satu contohnya adalah PT. Sola – interactive yang merupakan perusahaan IT Solution yang melihat peluang di bisnis kelapa sawit yang belum memiliki sistem untuk memantau hasil panen secara fisik dan masih membuat laporan hasil panen secara manual. Lambatnya pemantauan hasil panen ini dapat memberikan data yang kurang tepat sehingga laporan yang dibuat pun juga tidak akurat sehingga mengakibatkan penganalisaan dan perencanaan dari hasil laporan tersebut kurang akurat dan akhirnya proses bisnis menjadi tidak efisien. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membuat sebuah aplikasi.

Dengan melihat kebutuhan itu maka dibuatlah sebuah aplikasi e-harvest. Aplikasi e-harvest merupakan bagian dari aplikasi Plantedge. Aplikasi plantedge terdiri dari beberapa aplikasi yaitu eharvest, e-inspection, masterdata dan setting. Plantedge sendiri merupakan aplikasi untuk keseluruhan  proses bisnis kelapa sawit. Aplikasi e-harvest terdapat pada mobile dan web. Aplikasi e-harvest mobile merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil panen sedangkan aplikasi e-harvest berbasis web digunakan untuk mengolah data hasil panen dan menampilkan laporan hasil panen tersebut. Dengan hadirnya aplikasi e-harvest berbasis web ini sangat membantu perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya secara cepat dan efisien.

Aplikasi e-harvest berbasis web yang dibangun dengan mengunakan framework laravel dan HTML 5. Dengan aplikasi e-harvest ini perusahaan akan dapat dengan mudah melacak gerak hasil panen seperti dalam keadaan fisiknya. Aplikasi e-harvest berbasis web ini juga menampilkan informasi dari hasil panen seperti gambar dan detail hasil panen serta laporan hasil panen dan rincian laporan hasil panen berdasarkan data yang diperoleh langsung dari lapangan.prog-


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close