People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI DETEKSI IRIS MATA UNTUK ABSENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN GABOR WAVELET

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI DETEKSI IRIS MATA UNTUK ABSENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN GABOR WAVELET

Oleh :  Eka Janitra Halim, Zahedi, Djunaidy Santoso

Untuk memudahkan masalah pengabsensian karyawan, kebanyakan perusahaan menggunakan kartu absensi, sidik jari, dan pengenalan wajah. Namun semua itu memiliki kelemahan, seperti mudah diabsenkan sehingga karyawan bisa melarikan diri dari pekerjaan, digunakan oleh orang lain dengan tujuan melakukan tindak kriminal dalam perusahaan tersebut, atau untuk menyabotase. Karena itulah, sistem absensi karyawan dengan menggunakan pengenalan iris mata ini dibutuhkan. Karena, kode iris mata memiliki banyak properti yang sulit dipalsukan. Metode yang digunakan untuk mengenali iris mata antara lain adalah untuk segmentasi menggunakan canny edge detection, kemudian digunakan Hough transform untuk menemukan iris dan pupil mata, lalu iris mata akan diubah bentuknya dari seperti donat menjadi persegi panjang, dan terakhir dicari kode irisnya dengan menggunakan Gabor wavelet. Setelah kode iris berhasil didapatkan, kode iris tersebut dapat digunakan sebagai perbandingan antara yang sebelumnya disimpan dalam database dengan yang baru didapat untuk mengenali iris mata karyawan. Kemudian barulah pengabsensian atau penjadwalan dilakukan.

 Kata Kunci:  sistem absensi karyawan, pengenalan iris mata, kode iris mata, canny edge detetion, Hough transform, Gabor wavelet

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close