People Innovation Excellence

PERANCANGAN PROGRAM PENGENALAN TEKS DENGAN FUZZY LOGIC

PERANCANGAN PROGRAM PENGENALAN TEKS DENGAN FUZZY LOGIC

Oleh : Faisal, Don Tasman, Agus Tri Sutanto

Teknologi pengenalan teks mampu memindahkan data berupa teks pada citra digital ke dalam dokumen digital. Aplikasi dari teknologi ini dinamakan OCR. OCR seringkali digunakan untuk mengenali teks dengan ukuran font yang beragam, sehingga menyebabkan tingkat akurasi yang dihasilkan menjadi tidak maksimal.

Perancangan program ini bertujuan untuk memaksimalkan tingkat akurasi dari sistem pengenalan teks. Pada pengolahan citra metode yang digunakan adalah grayscaling, thresholding, filtering, segmentation, dan streching. Tujuan dari metode tersebut adalah untuk memperbaharui citra sehingga menjadi lebih sederhana. Sedangkan, pada pengenalan pola dilakukan pendekatan  fuzzy logic. Dengan adanya pendekatan ini, huruf-huruf pada teks dapat dikenali satu per satu berdasarkan ciri yang dimilikinya.

Output program yang dihasilkan berupa teks yang siap diproses lebih lanjut. Dari pengujian yang dilakukan, sistem pengenalan huruf satu per satu memiliki tingkat akurasi sebesar 96,67%. Sedangkan pada pengenalan dokumen standar, tingkat akurasi yang dihasilkan sebesar 96,13%.

Kata Kunci: pengenalan teks, OCR, pengolahan citra, fuzzy logic.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close