People Innovation Excellence

ANALISIS DAN PERANCANGAN DATA MART UNTUK MENGHASILKAN LAPORAN DINAMIS PADA PT. XYZ

ANALISIS DAN PERANCANGAN DATA MART UNTUK MENGHASILKAN LAPORAN DINAMIS PADA PT. XYZ

Oleh :  Dedi Yanto, Josua Arief Putra, Talitha Rahma Amalia, Rhio Sutoyo, Jodie Tanusanjaya

Peran teknologi informasi dalam dunia perbankan saat ini sangatlah mutlak, karena sangat tidak dapat dipisahkan. Hampir setiap aspek perbankan mengandalkan teknologi informasi. Teknologi informasi yang dimaksud dapat dalam bentuk hardware maupun software. Penerapan teknologi informasi sendiri dalam dunia perbankan bertujuan untuk mempermudah kegiatan operasional internal perusahaan, dan untuk mempermudah pelayanan kepada consumer. Beberapa bentuk peranan teknologi informasi dalam dunia perbankan adalah, seperti internet banking. Dengan adanya  internet  banking  ini,  para  consumer  dapat  melakukan  transaksi  seperti transfer uang tanpa harus datang ke bank.

  1. P XYZ sebagai sebuah perusahaan perbankan nasional memerlukan pelaporan dan analisis data. Namun, pelaporan dan analisis data umumnya dilakukan oleh divisi yang memiliki kemampuan di bidang query yang terbatas (pengguna dari kalangan non-IT). Sehingga diperlukan suatu aplikasi yang dapat melakukan penarikan data dan membuat laporan dengan mudah. Bentuk dan format laporan, serta metode yang digunakan untuk menghasilkan laporan tersebut sudah diminta dengan negosiasi dari awal oleh divisi yang memerlukan. Akibatnya laporan menjadi bersifat statis dan semi-manual. Sedangkan apabila adanya perubahan bentuk dan format, ataupun metode yang digunakan memerlukan pengajuan dalam dokumen serta negosiasi yang memerlukan beberapa hari. Untuk Flowchart sistem lama dapat dilihat pada lampiran (L1).

Permasalahan lainnya adalah saat melakukan penarikan laporan tersebut menggunakan banyak memori (RAM) pada server. Hal ini menyebabkan melambatnya proses ETL (Extract, Transform and Loading) yang berjalan pada PT. XYZ.

Agar pengguna pada divisi terkait tetap dapat melakukan pelaporan dan analisis  yang  lebih  kompleks,  tanpa harus meminta divisi  IT  membuat  berbagai model  laporan,  maka  diperlukan  suatu  sistem  yang  mendukung.  Sistem  tersebut dapat membantu pengguna untuk membuat laporan yang dibuat secara dinamis. Oleh

 

 

 

1

 

 

 

 

 

karena  itulah  sistem  data  mart  dibuat.  Data  mart  tersebut  akan  membantu menyediakan kebutuhan data dari suatu departemen dalam perusahaan ini.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close