People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM MEDICAL CHECK UP CORPORATE DI PT QPRO SUKSES MANDIRI

PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM MEDICAL CHECK UP CORPORATE DI PT QPRO SUKSES MANDIRI

Oleh :  Andi Tio, Priyan Linardi, Felix Saptavianus, Henry Chong, Budiman Leonardi

Perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Pada masa era globalisasi sekarang ini, teknologi sangat diperlukan untuk memudahkan aktivitas dan pengerjaan setiap tugas yang ada. Tanpa disadari perkembangan teknologi juga berpengaruh pada kemajuan ilmu pengetahuan sehingga setiap informasi dapat dengan mudah diakses. Sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang menunjang pekerjaan seseorang. Dalam setiap pekerjaan dibidang apapun sudah menggunakan teknologi sebagai bantuan untuk menyelesaikan suatu tugas. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari teknologi juga dapat digunakan untuk mengolah informasi yang berguna bagi setiap orang.

Pengolahan data dan informasi yang baik sangat dibutuhkan bagi suatu lembaga atau institusi yang semakin berkembang dalam menjalankan serangkaian aktivitas yang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Penerapan teknologi dan sistem informasi sudah digunakan oleh banyak rumah sakit. Dengan teknologi dan sistem informasi ini dapat membantu rumah sakit dalam melakukan pencatatan data dan manajemen untuk mengambil keputusan sehingga setiap kegiatan operasional dalam rumah sakit dapat terorganisir dengan baik. Pencatatan setiap data yang ada pada rumah sakit sudah tidak dengan manual secara kertas melainkan semua data dimasukkan ke dalam sebuah basis data melalui sistem dengan tujuan tidak terjadinya kehilangan data dan data dapat terintegrasi dengan baik.

Umumnya pada rumah sakit menyediakan jasa Medical Check Up (MCU). MCU adalah paket pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan untuk memeriksa kesehatan seseorang dan mendeteksi penyakit tanpa gejala. MCU yang sering dilakukan oleh banyak orang secara umum yaitu MCU Personal, dimana seorang pasien melakukan check up ke rumah sakit secara personal dan data hasil check up diberikan secara langsung kepada pasien.

Menurut informasi yang diperoleh dari perusahaan PT QPRO Sukses Mandiri, ditemukan beberapa kendala seperti bagi rumah sakit dalam melakukan pemeriksaan pasien MCU untuk suatu perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak, bagi dokter juga belum terdapat feature yang dapat membantu dokter mengambil keputusan dan menentukan kondisi pasien dalam jumlah banyak secara bersamaan, dan juga belum adanya laporan dalam bentuk summary yang berisi informasi hasil MCU untuk perusahaan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, untuk membantu rumah sakit dalam menjalankan serangkaian aktivitas yang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, maka dikembangkan sebuah modul Medical Check Up Corporate (MCU Corporate).


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close