People Innovation Excellence

ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-FORM VENDOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PT. MINAMAS PLANTATION

ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI E-FORM VENDOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PT. MINAMAS PLANTATION

Oleh :  Alfin Mahmudi, Kevin Huang Wibawa, Eriesko Kusuma, Suharjito

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi e-Form Master Data Vendor untuk meningkatkan kinerja pendataan di PT. Minamas Plantation. Kurang optimalnya pendataan vendor dengan metode yang sedang berjalan, mengingat banyak nya vendor yang ingin bergabung dengan PT. Minamas Plantation. Untuk metode perancangan aplikasi menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan Waterfall model, metode analisis menggunakan kebutuhan user, studi pustaka dan analisis aplikasi sejenis. Metode pemodelan menggunakan UML yang di implementasi menggunakan Visual Basic dan MySQL. Setelah melakukan implementasi, dilakukan proses evaluasi menggunakan aplikasi yslow dan ketentuan eight golden rules. Semua proses analisis, perancangan, implementasi dan evaluasi menggunakan data yang diperoleh dari pihak PT. Minamas Plantation melalui wawancara, studi pustaka dan studi sistem sejenis. Setelah semua proses selesai menghasilkan sebuah aplikasi pendataan e-Form berbasis online. Aplikasi ini juga mempunyai fitur tracking dokumen dan e-mail otomoatis untuk verfikasi dokumen. Dengan berbagai fitur yang dimiliki aplikasi ini, disimpulkan dapat mengoptimalkan proses pendataan dan reporting di PT. Minamas Plantation.

Kata kunci : Vendor, Waterfall, UML, Visual Basic, MySQL.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close