People Innovation Excellence

PENGEMBANGAN APLIKASI PRESENTASI MENGGUNAKAN SENSOR GERAK PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

PENGEMBANGAN APLIKASI PRESENTASI MENGGUNAKAN SENSOR GERAK PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

Oleh :  Eric Cardova, Meidica Dyah Pratiwi, Raymond Surya Chin, Natalia Chandra

Smartphone dewasa ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerakan. Teknologi  ini dapat digunakan oleh user dalam mempermudah kegiatannya sehari-hari. Dalam kegiatan belajar mengajar banyak sekali kegiatan presentasi yang terlibat. Penulis mengembangkan aplikasi smartphone berbasis android untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam kegiatan presentasi. Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah untuk mempermudah kegiatan presentasi. Salah satu cara penulis untuk mempermudah kegiatan presentasi yaitu dengan menggunakan sensor gerak dalam smartphone. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menunjuk objek pada slide presentasi tanpa harus menggunakan alat bantu lain seperti laser pointer maupun menunjuk secara manual. Metode penelitian yang digunakan antara lain adalah dengan studi literatur mengenai teori – teori yang berhubungan dari buku , artikel maupun jurnal serta analisis yang didasarkan pada data-data output sensor gerak  yang terdapat di smartphone. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah Extreme Programming. Extreme Programming terdiri dari empat tahap yaitu planning, design, coding, dan testing. Metode Hasil yang didapatkan adalah terbentuknya aplikasi yang memenuhi tujuan penelitian.

Kata Kunci : Android, Sensor, Presentasi.


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close