People Innovation Excellence

Tim Peneliti Binus University Kembangkan Aplikasi Upaya Peningkatan Kepuasan Pernikahan

Tim Peneliti Binus University  berhasil mengembangkan Aplikasi Android untuk meningkatkan kepuasan pernikahan pasangan usia muda yang diberi nama COUNSELOVE.


Menurut ketua peneliti, Dr. Widodo Budiharto dari School of Computer Science, saat ini banyak sekali kasus gugatan perceraian yang berakhir dengan perceraian, hal ini umumnya disebabkan oleh komunikasi yang kurang intens antar pasangan.   Data Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (Diitjen Badilag MA) pada tahun 2010, ada 285.184 perkara yang berakhir dengan perceraian ke Pengadilan Agama se-Indonesia. Angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak 5 tahun terakhir (detik.com, 2011). Menurut beliau, kualitas hubungan suami-istri  dapat diwujudkan melalui peningkatan perilaku positif (bercanda, menunjukkan kasih sayang) dalam keseharian pasangan.

Aplikasi yang memiliki berbagai fitur ini dikembangkan dengan berbantukan Kecerdasan buatan di dalam mengolah data dan memberikan saran,  juga didasari oleh beberapa penelitian di bidang Psikologi. Penelitian klasik Gottman dan Levenson (1992) menemukan bahwa stabilitas pernikahan didasari oleh kemampuan menciptakan perbandingan interaksi positif 5 kali lebih banyak daripada interaksi negatif. Selanjutnya, Gottman dan Driver (2004) menemukan pasangan menjalin keintiman melalui cara sederhana dan seperti bercanda dan menunjukkan kasih sayang meskipun sedang dalam konflik. Peneliian ini juga menggandeng peneliti di bidang psikologi Binus University, Pingkan C.B Rumondor  yang dikenal masyarakat sebagai akademisi yang menguasai bidang percintaan, sehingga karakter hasil penelitian ini kental dengan ilmu psikologi dan Ilmu Komputer. Menurut Pingkan,  berdasarkan hasil penelitiannya didapati 9 dimensi dalam kepuasan pernikahan pasangan urban antara lain komunikasi, keseimbangan pembagian peran, keintiman dan keterbukaan (Rumondor, Paramita, Geni, Francis, 2012). Riset ini didanai dari hibah bergengsi Kompetensi Nasional, dari Pemerintah RI selama 2 tahun, luaran riset ini berupa buku, publikasi di jurnal internasional bereputasi dan memberikan solusi nyata bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Aplikasi ini dapat diunduh secara free pada  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lab_ai_binus.counselove&hl=en


Published at :
Written By
Dr. Widodo Budiharto
Lecturer Specialist S3 | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close