People Innovation Excellence

Menukar Nilai dari Dua Variable dengan Menggunakan Pointer

Di dalam pemrograman dengan menggunakan bahasa C, salah satu karakter yang perlu diketahui adalah C melewatkan argumen ke fungsi dengan menggunakan nilai atau value (call-by-value). Sehingga tidak ada cara yang langsung mengubah isi variabel yang berasal dari program yang memanggil suatu fungsi untuk mengubah variabel tersebut. Berikut ini adalah contoh fungsi bernama swap yang digunakan untuk menukar dua buah elemen yang tidak berurutan pada suatu deret.

Fungsi tersebut diatas tidak cukup untuk melakukan aksi yang diinginkan karena sifat dari call-by-value dimana fungsi diatas tidak dapat mempengaruhi nilai dari variabel a dan b di dalam suatu rutin yang memanggilnya. Fungsi tersebut diatas hanya memindahkan salinan dari variabel a dan b.

Untuk mendapatkan aksi dari fungsi swap yang diinginkan, maka program yang memanggil fungsi swap melewatkan pointer ke variabel nilai yang akan diubah dengan cara,

Dimana operator & memberikan alamat dari variabel yang bersangkutan,

Pustaka

Ritchie, D. M., Kernighan, B. W., & Lesk, M. E. (1988). The C programming language. Englewood Cliffs: Prentice Hall.


Published at :
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close