People Innovation Excellence

Programming in Microsoft Word (Part 1)

Sebagai seorang mahasiswa jurusan teknik informatika, kita selalu membuat program dengan berbagai jenis bahasa pemrograman seperti C/C++, C#, Java, dan lain sebagainya. Sedangkan Microsoft Word (Ms. Word), bagi sebagian besa mahasiswa hanya digunakan sebatas untuk pembuatan laporan, skripsi, dan lain-lain yang berhubungan dengan penulisan. Namun, pada kenyataannya, kita dapat membuat berbagai jenis program dengan menggunakan Ms. Word. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan Ms. Word.

Sebelum masuk kedalam pemrogramannya, perlu Anda ketahui bahwa Ms. Word menggunakanVisual Basic for Application (VBA) untuk bahasa pemrogramannya. Dalam artikel ini, semua contoh dan langkah-langkah pengimplementasiannya menggunakan Ms. Word 2013, tetapi tentu saja Anda dapat menggunakan versi lainnya. Pada standard Ms. Word, Anda perlu mengaktifkan menu Developer terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Bukalah Ms. Word
  2. Klik Menu File

  3. Pilih Options

  4. Ketika dialog menu Options tampil, pilih menu Customize Ribbon (di sisi sebelah kiri )
  5. Pada menu Customize Ribbon, checklist menu Developer yang ada pada Main Tabs. Kemudian Klik Ok.
  6. Setelah itu, menu Developer akan muncul di list menu Anda

Setelah Anda berhasil mengaktifkan menu Developer, silahkan pindah keartikel Programming in Microsoft Word (Part 2) untuk mulai merancang programnya.


Published at : Updated
Written By
Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng.
Subject Content coordinator Database Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close