People Innovation Excellence

Implementasi LINQ select dan join table pada C#.net

Untuk mengambil data atau memanipulasi data dari database, kita dapat menggunakan syntax query biasa, seperti select *, insert into, update set dan delete from. Di dalam C#.net, selain menggunakan query biasa, kita juga dapat menggunakan LINQ (Language-Integrated Query). Contoh table di bawah ini:

Jika masing – masing tabel pada data di atas adalah seperti ini :

Dari data di atas, jika kita ingin menampilkan semua data pada MsProduk, maka query kita akan seperti ini : “select * from msproduk”. Kemudian data tersebut akan dimasukkan ke datagridview. Untuk melakukan query ini, biasanya kita akan membuat connectionString terlebih dahulu, membuka koneksi, menggunakan SqlCommand dan SqlDataAdapter.

Jika dibandingkan dengan penggunaan LINQ, yang perlu kita lakukan adalah membuat model dengan cara klik kanan pada project, pilih add new item, pilih ADO.NET Entity Data Model. Biasanya program akan membuat sebuah entities. Asumsi nama entities kita adalah databaseEntities dan kita sudah membuat object dari databaseEntities dengan nama ent.

Kita dapat memulai mengambil data dari database tanpa membuat connection string lagi. Maka perintah untuk melakukan select * from msproduk dapat diubah menjadi

dari code di atas, maka pada dataGridView1 akan tampil data dari gabungan ketiga tabel (MsProduk, TrHeader dan TrDetail) dengan kolom yang ditampilkan adalah tanggal dari TrHeader, nama dari MsProduk, Qty dari TrDetail dan harga dari MsProduk

 


Published at :
Written By
Ferdinand Ariandy Luwinda, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator Basic Programming | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close