People Innovation Excellence

String Request pada Android Studio ; Android Volley Library

Library volley merupakan library yang berfokus untuk membantu koneksi ke API menjadi jauh lebih mudah. Volley hadir dengan fitur-fitur seperti prioritas antrian permintaan ke server, pengaturan sistem cache dan memory, serta kita juga dapat melakukan kustomisasi terhadap library sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, dengan menggunakan volley, kita bisa membatalkan permintaan yang sudah kita lakukan ke server. Class request yang sudah termasuk dalam volley adalah String Request, JSON Requests, dan Image Request.

Class String Request dapat digunakan untuk mengambil data string apapun, dan responnya bisa berupa JSON, XML, HTML, maupun teks. Berikut struktur dari String Request:

 Sebelum request dibuat, kita perlu membuat class response dan class error yang menerapkan listener sehingga bisa masuk ke request-nya. Listener ini akan diberi tahu saat request kita selesai atau jika terjadi error. Saat membuat lebih dari satu request, kita harus menggunakan class response yang berbeda untuk berbagai request namun class error sama untuk semua request bergantung pada pentingnya data dan jika pengguna diberi tahu tentang error-nya atau tidak. Di dalam listener, kita dapat menentukan tindakan spesifik yang harus dilakukan setelah request berhasil atau gagal. Berikut merupakan struktur dari class response dan class error:

Pengunaan String Request sendiri biasanya digunakan bersamaan dengan JSON, karena string yang ingin diambil tersebut berada dalam JSON. Berikut struktur yang biasa digunakan:

Reference:

https://www.captechconsulting.com/blogs/android-volley-library-tutorial

Author : Tommy Chandra (1801388840)
Supervisor : Dewi Suryani (D5878)


Published at : Updated
Written By
Tommy Chandra (1801388840)
Student of Computer Science Program | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close