People Innovation Excellence

Aplikasi game “Astro Rhytm” berbasis platform Android dan Windows sebagai sarana berlatih bermain musik

Aplikasi Game ASTRO RHYTHM merupakan game edukasi yang bertemakan musik. Game ini masuk ke dalam genre game Education dan Action. Dalam pengembangannya, game ini akan dibuat mengikuti metode Scrum. Tu- juan utama game ini adalah untuk menciptakan sarana berlatih bermain musik. Dalam memainkan game ini, para pemain dapat mengikuti instruksi dari setiap stage yang ada. Awalnya, pemain akan melihat desain angkasa sebagai tampilan stage game. Saat pertama kali bermain, para pemain tidak dapat memilih stage mana yang ingin untuk dimainkan, melainkan mengikuti alur cerita yang sudah disediakan, yaitu mulai dari satu planet (stage) yang sudah disediakan sebagai planet (stage) awal. Setiap planet (stage) memiliki lagu yang berbeda dan setiap planet (stage) memiliki lagu dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Pemain dapat menjelajahi semua planet (stage) dengan cara memainkan lagu yang sudah disediakan di dalam setiap planet (stage), dengan bermain musik pemain mendapatkan bintang untuk memenuhi syarat di setiap planet (stage) agar bisa menjelajah ke planet (stage) lainnya. Setiap planet (stage) memiliki 3 lagu yang dapat dipilih pemain untuk dimainkan. Dalam setiap lagu tersedia 1 sampai 3 bintang yang dapat diperoleh pemain jika memainkan lagu tersebut. Bin- tang yang diperoleh pemain berdasarkan presentase kemampuan pemain memainkan lagu tersebut.  Untuk mendapatkan 1 bintang, pemain  perlu memainkan lagu dengan ketepatan nada 25% – 50 %, untuk mendapatkan 2 bintang 51% – 75%, dan untuk 3 bintang 76% – 100%. Untuk setiap lagu yang berhasil dimainkan, apabila pemain mampu mencetak skor 5 teratas, pemain akan diminta untuk memasukkan nama pemain untuk dicantumkan pada menu “High Score”. Jika dibandingikan dengan game sejenis yaitu: Smule dan Yousician, Astro Rhythm mengutamakan kemampuan bermusik pemain dengan alat musik asli dan memilih lagu sebagai tantangan dalam bermain game. Musik yang dipakai Astro Rhythm adalah musik yang sudah populer di kalangan masyarakat. Game ini juga berlatar luar angkasa, den- gan menampilkan gambar latar pemandangan luar angkasa dengan pemain sebagai Maestronaut di dalam game. Jadi, selain menarik minat khalayak umum, game ini juga memberikan edukasi dan berguna untuk kedepannya meningkatkan minat masyarakat terhadap pembelajaran musik. Selain itu, game play Astro Rhythm berbeda di setiap levelnya, sehingga membuat permainan menjadi tidak membosankan namun tetap menantang karena diberikan challenge.

Kata kunci: Edukasi, Gadget, Game, Musik.

Latar Belakang Masalah

Musik adalah salah satu industri yang sedang berkembang sangat pesat, dengan penjualan musik (digital ataupun fisik) meningkat rata-rata 5.9% setiap tahunnya. Pada tahun 2016, pendapatan musik digital menyusul pen- dapatan fisik untuk pertama kalinya. Saat ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk mengikuti berkarir di dunia musik, terutama orang-orang yang memang memiliki ketertarikan tinggi dalam dunia musik (tidak hanya pemusik yang mencari karir), misalnya sebagian kontributor pendapatan musik itu sendiri. Belajar musik menggunakan instrumen menghasilkan kemampuan bermusik yang lebih baik dibandingkan belajar musik dengan tidak menggunakan instrumen. Untuk meningkatkan keahlian user dalam bermain musik, dibutuhkan banyak latihan.

Meskipun pendapatan musik digital terus berkembang, perkembangan komunitas musik sangat sulit untuk dikembangkan dan difokuskan, karena butuh melibatkan banyak faktor seperti hukum setempat, peluang, hingga psikologi masing-masing.

Adapun berbagai kendala didalam pembelajaran musik yang sering di- alami ini dapat ditangani dengan teknologi yang ada seperti game. Menurut Komang Budi Aryasa, Senior Manager Content Aggregation and Incubation Telkom “Diperkirakan, setiap tahun jumlah gamer Indonesia naik sekitar 33 persen”. Dari data tersebut kami menyimpulkan bahwa game memliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat dan penggunanya pun terus berkembang sehingga kami memilih game sebagai solusi untuk masalah perkembangan musik saat ini.

Perumusan  Masalah

  1. Bagaimana membuat game yang dapat mengembangkan rasa keter- tarikan dalam belajar bermain musik?
  2. Bagaimana membuat game yang dapat memberikan edukasi bagi user?
  3. Bagaimana membuat game yang menarik minat generasi muda ter- hadap perkembangan dunia musik?

Tujuan

  1. Membuat game yang interaktif sebagai sarana berlatih musik
  2. Mendapatkan kesempatan belajar musik tanpa terbatas kemampuan finansial
  3. Merancang game dengan tantangan berupa stars yang harus dipenuhi dan tingkat kesulitan yang beragam

Luaran  yang Diharapkan

  1. Target utama pasar game ini adalah generasi muda yang ingin mengem- bangkan keahliannya dalam bidang musik
  2. Bergenre casual
  3. Game ini dibuat dengan latar desain luar angkasa yang berisi planet- planet sebagai visualisasi level
  4. Fitur-fitur yang terdapat dalam Game AstroRhythm:
  5. Menyediakan level-level dalam setiap planet yang memiliki galeri musik berbeda
  6. Bertipe Single-Player
  7. Mempunyai karakter Maestronaut yang memiliki misi menjelajah ru- ang angksa yang mana planet-planetnya dikendalikan oleh rhythm
  8. Game berjalan pada sistem operasi berbasis Android dengan tipe O/S minimal: Marshmallow
  9. Genre Game: Education, Action
  10. Game ini mempunyai sistem High Score untuk membandingkan score antar player
  11. Game ini akan memakai Unity dalam pembuatannya

Kegunaan

  1. Mengembangkan kemampuan masyarakat dalam bermain musik tanpa batasan umur
  2. Membangun komunitas musik tanpa batas
  3. Menjadikan proses pembelajaran musik lebih adiktif (karena menurut data, cara belajar main musik yang baik adalah konsisten dan terus menerus)
  4. Menjangkau seluruh target pasar dengan tipe O/S android seminimum mungkin dan desktop O/S Windows yang universal

Daftar Pustaka

  1. 2017.IFPI Global Music Report 2017. http://www.ifpi.org/news/IFPI- GLOBAL-MUSIC-REPORT-2017
  2. 2014.Learn to Play a Musical Instrument in Less Time with Slower Practice. http://lifehacker.com/learn-to-play-a-musical- instrument-in-less-time-with-sl-1507526591

Author : Aldo Novendi Fadly, Anthony Widjaja, Helen Damai Yanti Manik, Metta
Saridewi Wahab
Supervisor : Hanry Ham


Published at : Updated
Written By
Hanry Ham, S.Kom.,M.Eng
Subject Content Coordinator – Software Development | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close