People Innovation Excellence

Aplikasi Komunikasi “First Action” Keadaan Darurat Berbasis Android

Aplikasi FIRST ACTION merupakan aplikasi yang diciptakan sebagai ino- vasi dalam penyelamatan darurat. Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang membantu pengguna untuk mendapatkan lokasi penting. Lokasi tersebut terdiri dari kantor polisi, rumah sakit dan pemadam kebakaran. Tujuan utama aplikasi ini adalah membantu pengguna untuk mendapatkan lokasi penting terdekat saat dalam keadaan darurat. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang juga mendukung aplikasi ini, seperti fitur login, registrasi, jadwal, telepon, dan pengecekan lokasi pengguna. Penggunaan aplikasi ini bisa login dan juga tidak. Apabila login kita memiliki kelebi- han yaitu aplikasi bisa melakukan pencatatan tentang lokasi yang biasanya sehari- hari pengguna lakukan. Misal dari hari senin sampai dengan jumat berada disatu tempat yang sama dan sednagkan saat sabtu dan minggu tempatnya berbeda maka akan dilakukan pencatatan kembali. Sehingga suatu saat bila pengguna dalam keadaan darurat tidak perlu melakukan pencarian lokasi lagi. Karena lokasinya sudah terdaftar. Apabila kita tidak login, maka ketika aplikasi dibuka gps akan melakukan pengecekan lokasi

apakah lokasinya sama dengan tempat sebelumnya. Oleh karena itu GPS dan internet adalah hal yang penting dalam aplikasi ini. Pada fitur reg- istrasi, pengguna dapat melakukan pendaftaran akun, sesuai dengan ke- tentuan yang ada. Apabila sudah ada akun maka pengguna bisa masuk kedalam aplikasi tersebut dan menggunakan aplikasinya. Terdapat kalen- der yang dapat mengetahui jadwal keseharian kita. Apabila tidak ada in- ternet dan GPS maka otomatis saat dalam keadaan darurat akan langsung terhubung ke nomer telepon pusat. Misalnya kantor polisi, maka akan lang- sung terhubung ke kantor polisi pusat, kemudian dari pusat akan terhubung kekantor polisi yang ada terdekat disekitar lokasi pengguna. Kita juga bisa menemukan lokasi kita dari fitur peta yang ada yang ditampilkan secara 2D. Didalam peta tersebut akan terlihat lokasi dari tiga tempat penting. Sehingga diharapkan aplikasi ini dapat membantu dengan baik pengguna saat dalam keadaan darurat.

Kata kunci: Keadaan Darurat, Lokasi Penting, GPS, First Action.

Latar Belakang Masalah

Di era globalisasi ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Hal ini menyebabkan hampir segala aktivitas masyarakat dilakukan dengan ban- tuan teknologi, contohnya yaitu smartphone, teknologi canggih yang dipakai oleh masyarakat setiap harinya, tak hanya untuk berkomunikasi saja, na- mun alat ini merupakan salah satu gerbang menuju gudang informasi yang berada di internet. Menurut data dari www.et.co.id, rata – rata penjualan smartphone di seluruh dunia mulai dari tahun 2009 hingga 2016 semakin meningkat, hal ini menunjukkan bahwa pengguna smartphone di dunia se- makin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan meningkatnya pengguna smartphone, tentunya para pengguna mengharapkan adanya pengembangan aplikasi smartphone yang dapat membantu kehidupan sehari – hari mereka.

Berdasarkan data dari www.statista.com, terlihat bahwa pangsa pasar yang dimiliki oleh Android semakin meningkat, dari tahun 2009 hingga 2017, ini menunjukkan bahwa pengguna smartphone dengan OS Android semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan meningkatnya pengguna OS An- droid, maka pengguna aplikasi berbasis Android akan semakin meningkat pula.

Ketika seseorang berada dalam situasi yang membahayakan dirinya, maka tempat pertama yang dapat dihubungi yaitu kantor polisi, karena pihak kepolisian yang bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain kantor polisi, juga terdapat rumah sakit dan pemadam kebakaran yang dapat menangani masalah keselamatan nyawa manusia. Oleh karena itu, penulis memilih ketiga lokasi penting ini untuk dijadikan sebagai tempat yang dapat dihubungi ketika seseorang berada dalam situasi darurat.

Oleh karena itu, dengan pertimbangan smartphone yang semakin meluas, koneksi internet yang sudah tersebar luas, dan masalah sosial yang juga semakin meningkat, kami ingin menciptakan sebuah aplikasi berbasis An- droid yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Aplikasi ini kami beri nama “FIRST ACTION”, yang berarti langkah pertama yang dapat dilakukan oleh peng- guna ketika berada dalam keadaan darurat. Hanya dengan menekan beber- apa tombol sederhana, pengguna dapat menghubungi rumah sakit, kantor polisi, bahkan pemadam kebakaran terdekat, dimanapun dan kapanpun.

Perumusan  Masalah

  1. Bagaimana cara pengguna dapat meminta pertolongan terdekat ketika berada dalam situasi yang membahayakan dirinya?
  2. Bagaimana cara pengguna untuk mendapatkan pertolongan tercepat ketika berada dalam keadaan darurat?
  3. Bagaimana cara memanfaatkan smartphone untuk membantu peng- guna ketika berada dalam keadaan darurat?
  4. Bagaimana pihak kepolisian, rumah sakit dan pemadam kebakaran dapat menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien?

Tujuan

  1. Menciptakan aplikasi sederhana berbasis mobile yang dapat mem- bantu masyarakat dalam keadaan bahaya untuk memanggil bantuan
  2. Menciptakan suatu aplikasi yang dapat menampilkan lokasi-lokasi rumah sakit, kantor polisi, dan pemadam kebakaran terdekat di sekitar peng- guna.
  3. Menciptakan aplikasi built-in pada Android dengan fitur

Luaran  yang Diharapkan

  1. Target utama pasar aplikasi ini adalah semua pengguna smartphone berbasis android dari segala jenis
  2. Aplikasi ringan dan mudah
  3. Aplikasi dapat digunakan dengan atau tanpa koneksi
  4. Terdapat 3 lokasi penting yang dapat dihubungi oleh pengguna, yaitu rumah sakit, kantor polisi serta pemadam
  5. Dapat melacak lokasi rumah sakit, kantor polisi serta pemadam ke- bakaran terdekat yang berada di sekitar pengguna dengan radius 5 km.
  6. Aplikasi dibuat dengan bantuan Android

Kegunaan

  1. Masyarakat dapat menerima bantuan terdekat ketika berada dalam situasi
  2. Mengurangi dampak yang lebih besar dari suatu kejadian, misalnya kecelakaan, kriminalitas, kebakaran, dan lain
  3. Mengetahui lokasi-lokasi penting di sekitar pengguna melalui fitur “view maps”.
  4. Memudahkan pihak kepolisian, rumah sakit, dan pemadam kebakaran untuk menjangkau lokasi kejadian dengan

Daftar Pustaka

  1. Retrieved from Global mobile OS market share in sales to end users from 1st quarter 2009 to 1st quarter 2017: https://www.statista.com/statistics/266136/global-market-share-held- by-smartphone-operating-systems/
  2. Apa yang harus dilakukan saat keadaan darurat. (n.d.).  Retrieved June 2017, from Australian Government: https://www.studyinaustralia.goau/indonesian/live-in-australia/health- and-safety/emergencies
  3. Nugroho, A. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Yogyakarta: Andi Offset.
  4. (n.d.). Retrieved from About SQLite: http://www.sqlite.org/about.html
  5. Studio, (n.d.). Meet Android Studio. Retrieved from https://developer.android.com
  6. Total Jumlah Pengguna Smartphone Seluruh (n.d.). Retrieved June 2017, from ET STUDIOS: http://www.et.co.id/2016/07/total-jumlah-pengguna-smartphone.html
  7. Triaptahadi, (n.d.). Retrieved from Reclaim : Scrum as Framework: https://medium.com/ppl-sutopo/reclaim-scrum-as-framework-1256a5070fd1

Author : Alfian Wijayakusuma, Jefebry Dala T., Nadia Hafista Fadly, Yoverina
Nurdin,
Supervisor : Hanry Ham


Published at : Updated
Written By
Hanry Ham, S.Kom.,M.Eng
Subject Content Coordinator – Software Development | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close