People Innovation Excellence

Aplikasi “TYPEYE” Berbasis Platform Windows Desktop Untuk Mengetahui Kecepatan Mengetik Seseorang

Ringkasan 

Aplikasi TYPEYE merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengukur ke- mampuan mengetik para pengguna secara kualitas dan kuantitas, karena hasil yang akan diberikan berupa angka yang menandakan tingkat kemam- puan kecepatan mengetik para pengguna dan berupa teks yang memberikan informasi singkat tentang kualitas dari para pengguna. Dengan adanya fitur Gaze Tracking membantu aplikasi ini dalam mendeteksi pergerakan kepala dan bola mata untuk meningkatkan keakuratan dari hasil aplikasi ini. Tingkat konsentrasi juga dapat dilihat dari fitur Gaze Tracking.

Aplikasi ini ditujukan kepada perusahaan yang membutuhkan karyawan yang bekerja dengan menggunakan komputer. Perusahaan akan mengetahui peningkatan kemampuan dalam mengoperasikan komputer terutama dalam kegiatan mengetik dan perusahaan juga dapat membandingkan tingkat ke- cepatan dan ketepatan dalam mengetik. Pada awal TYPEYE akan mem- inta pengguna memasukkan nama, dan nomor identitas yang sesuai dengan yang diminta perusahaan. Lalu fitur Gaze Tracking mulai berjalan, fitur ini mendeteksi wajah dari pengguna terutama pada organ mata.

Setelah Gaze Tracking berhasil dilakukan, maka pengguna akan disug- uhkan dengan adanya teks yang harus diketik sesuai dan sama persis. Pro- gram akan mulai menghitung dan mengakumulasi sejak user mulai mengetik salah satu dari keyboard. Saat program mulai menghitung, waktu juga akan mulai berjalan. Apabila terdapat kesalahan dalam mengetik, kesala- han tersebut tetap akan dihitung untuk diakumulasikan. Setelah selesai mengetik, maka program akan mengeluarkan nilai akhir. Apabila bila waktu yang berjalan telah selesai (waktu habis), maka program akan berhenti dan mengeluarkan nilai akhir dari hasil perhitungan. Teks yang ada selalu di- acak sehingga, user satu dengan yang lain tidak dihadapkan dengan teks yang sama. Teks tersebut hanya dapat diinput oleh pihak administrasi dari perusahaan tersebut. Hasil dari user yang selesai mengetik, dapat dilihat oleh pihak administrasi berupa tabel perbandingan nilai dari berbagai user.

Latar Belakang Masalah

Ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi komputer telah digunakan dalam setiap bidang kehidupan menandakan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Dahulu, manusia menggunakan mesin ketik untuk membuat surat, administrasi perkantoran, maupun pekerjaan lainnya yang hubungannya dengan ketik mengetik. Seiring berjalannnya waktu dan berkembangnya teknologi, mesin ketik lama-kelamaan digantikan dengan kehadirannya kom- puter. Komputer dapat melaksanakan proses input data dan mengelu- arkan output. Sehingga interaksi antarmuka manusia dengan komputer sangat penting karena berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dan komputer. Input data dapat menggunakan keyboard yang ditujukan un- tuk kenyamanan dalam mengetik.  Menurut survei Badan Pusat Statis- tik yang diupdate terakhir pada tanggal 21 Desember 2016 jumlah peng- guna komputer dan yang menguasai komputer dari tahun 2005 hingga 2015 meningkat, terbukti dalam tabel berikut :

Menurut Shneiderman (1998, p10) interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer dan pengaruh dari interaksi antara manusia dan komputer. Interaksi manu- sia dan komputer dalam hal ini ialah mengetik.

Dalam proses interaksi mengetik terdapat serangkaian proses lainnya. Mulai dari proses bagaimana seorang pengguna mencari informasi yang di- dapatkan dari layar komputer. Kemudian, informasi yang didapatkan dikir- imkan dalam bentuk sinyal ke otak untuk dilakukan pengolahan informasi dan penyimpanan informasi. Yang mana sebagian besar informasi yang di- dapatkan biasanya disimpan pada memori jangka pendek. Kapasitas mem- ori jangka pendek pun juga terbatas sehingga, informasi harus selalu diulang pengambilannya dan dicocokkan kembali.

Dari semua informasi yang telah didapat, sistem pada otak pun akan mulai mengatur serangkaian pekerjaan yang nantinya harus dikerjakan oleh sistem motorik dari pengguna tersebut. Lalu, sistem tersebut akan mengir- imkan kembali sinyal ke sistem motorik untuk melakukan tugasnya. Dari serangkaian proses-proses itu, nantinya akan menimbulkan jeda waktu.

Mengingat di masa sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menggu- nakan komputer untuk membantu mengerjakan suatu pekerjaan, TYPEYE dapat digunakan untuk membantu perusahaan memilih karyawan dengan kemampuan mengetik yang efektif dan efisien. Sehingga, perusahaan akan lebih menghemat biasa pengerjaan suatu proyek atau pekerjaan.

Perumusan  Masalah

  1. Bagaimana menentukan kecepatan mengetik seseorang?
  2. Bagaimana menentukan durasi seseorang melihat keyboard saat mengetik?

Tujuan

  1. Menentukan kecepatan mengetik
  2. Menentukan durasi seseorang melihat keyboard saat

Luaran Yang diharapkan

  1. Target utama pasar aplikasi TYPEYE ini adalah perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja untuk mengetik secara cepat dan
  2. Bersifat profesional
  3. Fitur-fitur yang terdapat dalam TYPEYE:
  • Typing test
  • Gaze Tracking
  • Import naskah
  • Export Scoreboard
  • Menyimpan data ketikan keyboard
  1. Aplikasi TYPEYE digunakan dalam sistem windows yang memiliki JRE (Java Running Environment).
  2. Aplikasi TYPEYE memiliki scoreboard yang dapat dilihat oleh admin untuk membandingkan score antar

Kegunaan

  1. Mengetahui kecepatan  mengetik
  2. Mengetahui durasi seseorang melihat keyboard saat mengetik
  3. Membandingkan kecepatan mengetik seseorang dengan yang lain se- cara

Kelebihan

  1. Memiliki sistem user yang bisa di atur oleh administrator
  2. Sistem soal (script) yang dinamis
  3. Memiliki sistem Gaze Tracking selama melakukan uji mengetik
  4. Dapat menangani jumlah pengguna yang banyak (dihubungkan den- gan database dan jaringan)

Kekuarangan

  1. Dibutuhkan perangkat-perangkan penunjang (jaringan database, we- bcam, JRE)
  2. Baru dapat dijalankan di satu platform yaitu windows

Daftar Pustaka

  1. Shneiderman, B., 1998, Designing the User Interface-Strategies for ef- fective Human Computer Interaction, Third Edition, Addison-Wesley,
  2. 2012. “Buku Pengantar Teknologi Informasi”. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Omen, 2013, ” Pengertian Aplikasi Desktop “. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/
  4. Roger Pressman dan Bruce R. Maxim, 2015, Software Engineering, Eighth Edition, Hill International Edition

Author : Christhopher Ravian Hartono, Liana Ester Wulandari, Rizka Heristanti, Samuel Theodorus Junius,
Supervisor : Hanry Ham


Published at : Updated
Written By
Hanry Ham, S.Kom.,M.Eng
Subject Content Coordinator – Software Development | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close