People Innovation Excellence
 
Feature Image

Internet of Things (IoT)

Zaman sekarang, perkembangan teknologi di berbagai sektor kehidupan manusia sudah semakin pesat. Para ahli masih terus menerus melakukan inovasi dan mengembangkan teknologi yang sudah ada menjadi makin mutakhir, salah satunya pengembangan teknologi di bidang internet of things (IoT). Teknologi IoT memungkinkan adanya transfer data tanpa perlu campur tangan manusia dengan menggunakan internet sebagai media transfer. Sehingga memungkinkan semua kontrol bisa dilakukan manusia melalui smartphone masing masing.

Perangkat-perangkat IoT memiliki sebuah chip mikrokontroler yang telah diprogram dan terhubung dengan smartphone melalui internet. Selama smartphone terhubung dengan internet, maka pengguna dapat mengendalikan perangkat IoT dari jarak jauh. Saat ini sudah banyak perangkat-perangkat yang menerapkan teknologi IoT, mulai dari peralatan kerja, alat- alat rumah tangga, bahkan di beberapa negara maju sudah mulai menerapkan sistem smart city.

Contoh dari penggunaan IoT sendiri dapat dilihat dari penggunaan teknologi smart gadget yang diciptakan oleh Google, yaitu Google Home yang merupakan perangkat smart speaker yang dapat diintegrasikan dengan perangkat peralatan di rumah dan menggunakan Google Assistant dalam menjalakan semua perintah yang diberikan, mulai dari mematikan dan menyalakan lampu, oven, dan dengan menggunakan voice command pengguna dapat melakukan interaksi dengan Google Home dan menyalakan lagu secara otomatis.

Dengan semakin banyaknya perangkat yang sudah diintegrasikan dengan teknologi IoT, memungkinkan untuk hampir semua sektor pekerjaan yang dilakukan manusia dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan voice command, seperti dengan menggunakan Google Home untuk melakukan berbagai kegiatan.

Author         : Jeconiel (1901473792)
Supervisor  : Dewi Suryani (D5878)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close