People Innovation Excellence
 
Feature Image

Perkembangan Pasar “Smartphone” Pada revolusi Industry 4.0

Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan.Bahkan banyak orang panik jika smartphone nya tertinggal. Teknologi smartphone sudah sangat canggih.Bayangkan, kemampuan proses data I Phone 5 adalah 2,7 kali kemampuan proses data super komputer Cray 2 yang diperkenalkan tahun 1985.

Berdasarkan  dari tabel diatas, sistem operasi Android masih menjadi penguasa pasar smartphone pada tahun 2018. Android memiliki pangsa pasar yang lebih besar diikuti kedua oleh IOS.Samsung masih menjadi raja produsen smartphone  di tahun 2018. Apple menduduki posisi kedua. Yang menarik adalah naiknya pangsa pasar produsen smartphone China seperti terlihat pada tabel. Brand  ponsel China ini terus menerus mengembangkan teknologi dengan dukungan dari pemerintah negaranya, guna merebut pasar yang lebih besar.

Microprocessor adalah otak dari smartphone, Qualcomm  masih memiliki pangsa pasar terbesar sebagai produsen microprocessor smartphone di tahun 2018 (45%). Apple menduduki posisi kedua (17%) diikuti oleh Samsung LSI di posisi ketiga (14%).

Saat ini banyak produsen smartphone mulai mengembangkan microprocessor sendiri. Samsung dengan Exynos, Kirin yang diproduksi oleh Huawei. Bahkan terakhir Xiaomi juga mengembangkan microprocessor sendiri untuk  smartphone mereka.Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa dibalik semua kecanggihan microprocessor smartphone itu, ada satu nama yaitu ARM (Advance RISC Machine).

ARM Holding adalah suatu perusahaan yang didirikan pada tahun 1990. Perusahaan ini merupakan hasil kerjasama  Acorn Computers, Apple Computer dan VLSI Technology.Bergerak di bidang pengembangan teknologi processor.Model bisnis perusahaan ini sangat menarik. Tidak seperti perusahaan microprocessor lainnya, seperti Intel, Nvidia, AMD dan lain lain yang selalu memproduksi microprocessor sendiri. ARM hanya mengembangkan teknologi dan arsitektur microprocessor. Setelah itu ARM akan menjual lisensi teknologi  dan arsitektur microprocessor yang mereka kembangkan,  untuk diproduksi oleh perusahaan lain.

Microprocessor buatan Qualcomm, Mediatek, Apple, Samsung, Huawei dan lain-lain, dibuat dengan menggunakan teknologi dan arsitektur yang dikembangkan oleh ARM.Sekitar 95% dari smartphone yang beredar saat ini menggunakan “otak” yang teknologinya dikembangkan oleh ARM.ARM adalah penguasa pasar smartphone yang sesungguhnya, tanpa pernah memproduksi satu bagian apapun dari smartphone .

Sumber :

https://www.kompasiana.com/ronaldwan/58cdd97c727e61bf18638e3c/siapa-penguasa-pasar-smartphone-saat-ini

https://tekno.kompas.com/read/2018/06/05/16330097/penjualan-smartphone-global-kembali-positif-satu-merek-melesat

https://www.gartner.com/en


Published at : Updated
Written By
Azani Cempaka Sari, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator Network Centric | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close