People Innovation Excellence
 

Pemanfaatan Analisis Wajah Dalam Bidang IT

Analisis wajah menjadi sesuatu yang trend belakangan ini, dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Alasan penggunaan metode ini adalah, analisis wajah merupakan metode yang tidak intrusive, atau dengan kata lain kita tidak perlu mendapatangi seseorang untuk dapat menganalisis wajahnya.

Jika melihat trend teknologi informasi saat ini kita dapat melihat manfaat dari analisis wajah, dari sisi teknologi informasi, diantaranya adalah:

  1. Pengenalan identitas
    Manfaat analisis wajah diantaranya adalah untuk pengenalan identitas, dengan menganalisis wajah yang ada, kita mendapatkan ciri-ciri utamanya, menghitung tingkat kemiripannya, kita dapat mengenali wajah seseorang, yang ditangkap kamera atau video kamera lalu dibandingkan dengan yang terdapat dalam database. Pemanfaat dalam bidang ini sudah sangat tinggi diantaranya adalah dalam bidang keamanan, dibandara, dipusat-pusat penting kota, kamera dipasang untuk mengenali wajah seseorang yang lewat. Dengan mengamati orang yang lewat, misalkan di bandara, kita dapat mengenali dan menangkal seseorang untuk masuk kedalam suatu negara. Selain itu dapat dimaanfaatkan untuk mencari kriminal atau orang hilang, sebagai contoh di China, akhir-akhir ini, polisi China berhasil menangkap seorang buronan hanya karena buronan tersebut menonton pertunjukan olah raga, dan secara kebetulan polisi menelusuri setiap wajah yang tertangkap kamera, dan menggunakan teknik pengenalan wajah, telah berhasil mengenali wajah buronan tersebut diantara penonton. Pemanfaat pengenalan identitas ini juga dapat digunakan dalam bidang pembayaran transaksi.
  1. Pengenalan Ekspresi
    Metode komputasi analisis wajah, juga dimaanfaatkan untuk menganalisis wajah seseorang yang tertangkap kamera apakah sedang merasa senang, sedih, tegang, marah dan sebagainya. dengan mengetahui ekspresi ini, dapat dibuat sebuah teknologi pintar yang dapat menghibur seseorang melalu analisis wajah yang tertangkap oleh kamera atau video kamera.
  2. Pengenalan pose wajah
    Pengenalan pose wajah seseorang juga dapat dimanfaatkan untuk menganalisi tingkat rasa kantuk seseorang atau perhatian seseorang, sebuah penelitian telah berhasil untuk mengetahui apakah seseorang mengantuk atau tidak  hanya dengan menanalisa wajahnya, hal ini dapat dimanfaatkan dalam hal keamanan berkendara, dengan mengetahui seseorang mengantuk, sebuah sistem pintar dapat memberikan peringatan kepada pengemudi untuk beristirahat.  Pengenalan pose juga dapat mengetahui apakah perhatian pengemudi sedang memperhatikan jalan atau tidak.

Apakah analisis wajah dapat dipergunakan untuk mendeteksi kesehatan seseorang ? baik itu kesehatan secara fisik maupun kejiwaan, apakah kedepannya kita dapat mengetahui seseorang menderita penyakit kejiwaan? Apakah kita dapat mengenali seorang pyscopat hanya dengan menganalisis wajahnya? Masih banyak hal yang dapat dikembangkan dalam bidang analisis wajah.


Published at : Updated
Written By
Hady Pranoto, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator Network Multimedia System | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close