People Innovation Excellence
 
Feature Image

Implementasi Machine Learning pada Game Engine Unity

Machine learning adalah sebuah bidang pada ranah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memberikan kemampuan kepada komputer melalui ilmu statistika dan matematika, untuk dapat belajar dan berkembang dari pengalaman tanpa harus secara spesifik kita program. Contohnya adalah untuk melakukan klasifikasi email yang masuk ke inbox kita adalah e-mail junk atau bukan, atau mempediksi harga saham berdasarkan data history saham yang sudah ada. Machine learning juga dapat diimplementasikan untuk behaviour generation pada Non-Player Character (NPC) di game. Sehingga, NPC pada games dapat belajar untuk berjalan, kapan saat tepat untuk menyerang musuh, kapan harus mundur, dan lain-lain. Beberapa contoh penerapan machine learning di game dapat dilihat pada penelitian [1] dan [2].

Gambar 1. Machine Learning untuk NPC di Permainan Tenis [3]

Penerapan machine learning pada game dapat dilakukan dengan menggabungkan API untuk Machine Learning seperti Tensorflow (https://www.tensorflow.org/) dan Game Engine seperti Unity (https://unity3d.com/). Unity menyediakan sebuah plug-in untuk dapat menggunakan model yang sudah ditraining dengan menggunakan Tensorflow untuk dapat diimplementasikan di Unity. Plug-in tersebut bernama Unity ML-Agents yang dapat diunduh melalui tautan berikut: https://github.com/Unity-Technologies/ml-agents. Gambar 1 mengilustrasikan contoh implementasi machine learning untuk training NPC untuk bermain tenis. Beberapa contoh project-project-nya dapat dilihat pada tautan berikut: https://unity3d.com/machine-learning.

Daftar Pustaka

[1] Moniaga, J. V., Chowanda, A., Prima, A., & Rizqi, M. D. T. (2018). Facial Expression Recognition as Dynamic Game Balancing System. Procedia Computer Science, 135, 361-368.

[2] Chowanda, A. (2013). Emowars: Interactive Game Input Menggunakan Ekspresi Wajah. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 1009-1017.

[3] Unity (2017). Machine Learning. Retrieved December 7, 2018, from https://unity3d.com/machine-learning


Published at : Updated
Written By
Andry Chowanda, PhD.
Head of Program of Game Application and Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close