People Innovation Excellence
 
Feature Image

Algoritma Enkripsi

Kriptografi merupakan pengaplikasian bidang matematika tingkat lanjut untuk mengamankan informasi atau data yang akan disimpan dan ditransmisikan dalam bentuk tertentu yang ditujukan kepada sistem atau orang yang berhak untuk membaca dan memproses data tersebut. Enkripsi merupakan jantung dari kriptografi.  Enkripsi merupakan proses dimana sebuah pesan di-encode atau diubah kedalam format yang tidak dapat dibaca oleh eavesdropper atau penyadap. Berikut ini adalah beberapa istilah untuk kriptografi:

  • Enkrpsi
    Enkripsi adalah proses pengubahan karakter informasi dari teks yang dapat dibaca (plain text) menjadi teks yang tidak dapat dibaca (cipher text).
  • Dekripsi
    Dekripsi adalah sebuah proses dimana mengubah karakter informasi dari teks yang tidak dapat dibaca (cipher text) menjadi teks yang dapat dibaca  (plain text).
  • Key
    Key adalah sebuah keyword atau kata kunci rahasia yang dipakai untuk mengekripsi atau mendekripsi.
  • Steganografi
    Steganografi adalah metode penyembunyian teks informasi di dalam gambar dengan cara menyisipkan setiap karakter di dalam setiap pixel gambar tanpa merusak gambar tersebut.

Algoritma enkripsi terbagi atas 2 kategori, enkripsi simetris dana simetris:

Enkripsi Simetris :

Enkripsi simetris adalah enkripsi yang menggunakan satu keyword yang sama untuk mengenkripsi plain text dan mendekripsi cipher text. Enkripsi simetris merupakan algoritma enkripsi tertua dan tercepat secara performa. Keyword yang digunakan dapat berupa angka, kata-kata atau sekumpulan karakter acak. Penerima informasi dan pengirim akan memegang keyword yang sama untuk proses pertukaran data di dalam jaringan komputer. Contoh algoritma enkripsi simetris seperti Caesar, Blowfish dan AES. Kelemahan dari jenis enkripsi ini adalah jika satu keyword tersebut diketahui pihak lain, maka pihak tersebut dapat mendekripsi pesan yang terkirim.

Enkripsi Asimetris

Enkripsi asimetris adalah enkripsi yang menggunakan dua keyword yang berbeda antara proses enkripsi dan dekripsi. Enkripsi ini lebih baru dibandingkan dengan dengan simetris. Key yang digunakan untuk mengenkripsidisebut public key, sedangkan key untuk mendekripsi disebut dekripsi.  Pembuatan public dan private key dibuat secara berpasangan. Pengirim dan penerima sama-sama menyimpan private key di aplikasi atau environment masing-masing. Enkripsi ini dikenaldengan end to end encryption. Contoh algoritma yang sering dipakai adalah RSA.


Published at : Updated
Written By
Aditya Kurniawan, S.Kom., MMSI
Head of Program of Cyber Security | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close