People Innovation Excellence
 
Feature Image

PERKEMBANGAN OPERATING SYSTEM

Seperti yang kita ketahui operating system adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan computer. Operating system akan melakukan layanan inti umum untuk software aplikasi. Layanan tersebut seperti akses ke disk, management memory, tugas penjadwalan, dan antar muka user. Menurut Tanebaum,  Operating system mengalami perkembangan yang dapat dibagi kedalam lima generasi.

Generasi awal tahun 1945 – 1955 merupakan perkembangan awal komputasi elektronik sebagai pengganti system komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat dapat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada Operating System, maka computer system diberi instruksi yang harus dikerjakan langsung oleh pengguna.

Generasi kedua tahun 1955-1965 memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Generasi ini sistem komputer belum dilengkapi operating system, tetapi beberapa fungsi operating system telah ada, contohnya fungsi operating system ialah FMS dan IBSYS

Generasi Ketiga tahun 1965-1980 operating system pada generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pemakai, dimana para pemakai berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer. Operating system menjadi multi-user (digunakan oleh banyak pengguna sekaligus), multi-programming (melayani banyak program sekaligus) dan multi tasking (melayani banyak tugas dan pekerjaan / Batch Processing System)

Generasi Keempat 1980 – 2000-an pada masa ini operating system telah menggunakan Graphical User Interface(GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan mudah digunakan. Pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar (distributed computer) dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Generasi Selanjutnya pada generasi ini diperkenalkan Operating system yang berada dalam sebuah Operating system dan Operating system bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, Poket PC, Laptop, Notebook dan NetBook. Operating system jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu buah Operating system pada perangkat Server.

Semakin berkembangnya zaman , teknologi pun semakin berkembang. Tiap orang berpikir untuk bagaimana semakin hari teknologi dapat membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan manusia sehingga lebih mudah. Dari teknologi itu sendiri sangat berkaitan dengan sistem yang semakin berkembang contohnya pada Operating System Komputer.

Dari tahun ke tahun Operating System Komputer semakin berkembang dari Operating System sederhana dari CLI hingga sekarang berbasis GUI, dari perubahan tersebut memungkinkan adanya Operating System masa  depan yang lebih canggih dari Operating System sebelumnya. Dari tahun tahun saja teknologi sistem operasi sangat cepat perubahan yang sangat signifikan . Sistem  operasi yang sekarang berkembang dari sistem operasi sebelumnya seperti sistem operasi DOS berkembang  menjadi Windows yang dikelola oleh Microsoft dan unix berkembang menjadi linux serta android.

Sistem operasi sekarang,dapat  menjalankan berbagai proses, dari proses sederhana sampai proses yang sangat rumit. Proses-proses tersebut dapat diproses oleh sistem operasi dengan cepat. tetapi untuk proses yang banyak dan rumit masih ada waiting time dan proses nya  lama. Sistem operasi masa depan diramalkan akan dapat memproses banyak proses sekaligus tanpa adanya waiting time. Kecepatan dalam memproses sistem operasi sangatlah cepat.

Sekarang sistem operasi untuk desktop bisa bergiga- giga  , windows 7 saja saat diinstal, kapasitas memori yang digunakan sampai 6 gb lebih,meskipun kapasitas memori sekarang besar, tetapi dengan sistem operasi yang penggunaan memori yang banyak maka akan menyianyiakan penggunan memori untuk meyimpan file yang lain. Sistem operasi masa depan , akan mempunyai kapasitas memori yang kecil. Tetapi pemforma yang diberikan oleh sistem operasi tersebut sangatlah baik dan kompleks.

Sebuah komputer harus diinstall sistem operasinya, hal ini akan menyulitkan jika komputer yang ingin diintall sangat banyak, hal ini menjadi suatu masalah yang harus dipecahkan dimasa kini. Sistem operasi masa depan , akan dapat berjalan disemua komputer tanpa harus mengintallnya, sistem operasi masa depan tidak harus diintall di komputer satu-satu tetapi sistem operasi masa depan hanya dengan mengintall disatu komputer, komputer lain dapat mengakses sistem operasi dikomputer tersebut dan memungkinkan sistem operasi portable.

Dan yang paling menarik dibicarakan saat ini adalah tentang sistem masa depan yaitu Cloud Computing. Cloud Computing adalah sistem operasi dan aplikasi dapat berjalan dengan menggunakan internet, atau yang dikenal komputasi awan. Dimana setiap data yang menggunakan sistem tersebut, tidak disimpan di dalam desktop, tapi disimpan di internet tersebut. Sehingga dalam memakai sistem terbeut kita hanya perlu masuk ke penyimpanan di internet. Kita tidak perlu lagi menyediakan tempat memori dan hardisk yang besar karena setiap file sudah dapat disimpan di internet. Dengan adanya sistem ini kemungkinan tampilan komputer pun akan semakin kecil. Bahkan di masa depan kemungkinan komputer akan berbentuk nanoteknologi yang merupakan teknologi yang melibatkan atom dan molekul dengan ukuran lebih kecil dari 1.000 nanometer, sehingga komputer ini dapat didampingkan dalam perangkat perangkat seperti alat kedokteran, pembelajaran dll.

Sistem komputer masa depan mungkin akan terlihat aneh dimasa sekarang tetapi jika dipelajari lebih mendalam sistem ini ada kemungkinan bakal menjadi sebuah sistem yang nyata dimasa akan datang.

Penulis :
Anggrina Nur Wulan Ningsih; Wiranto; Krisna Anggara; Adhit Sutono; Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close