People Innovation Excellence
 
Feature Image

SOFTWARE DEFINED NETWORKING (SDN)

Pengenalan Software Defined Networking

Software Defined Networking atau SDN adalah salah satu arsitektur baru pada jaringan yang bersifat dynamic, manageable, cost-effective, dan adaptable. Arsitektur SDN bertujuan untuk membuat jaringan menjadi lebih fleksibel dan mempermudah dalam mengontrol jaringan apabila terdapat perubahan dalam business requirement. Pada Software Defined Network, network administrator atau network engineer dapat membentuk lalu lintas jaringan melalui sebuah central console, sehingga tidak perlu mengkonfigurasi masing-masing switch atau perangkat yang terdapat pada topologi.

Perbedaan topologi dengan SDN dan tanpa SDN:

  1. Topologi Tanpa SDN
  2. Topologi Dengan SDN

Konsep Software Defined Networking 

Konsep dasar dari Software Defined Networking adalah melakukan pemisahan fisik antara Control Plane dan Forwading Plane. Secara logika, control plane diletakan secara terpusat yang membutuhkan sebuah sistem operasi jaringan yang mampu membentuk peta logika (logical map) dari seluruh jaringan dan kemudian memrepresentasikannya melalui sejenis API (Application Programming Interface).

Arsitektur Software Defined Networking

Arsitektur SDN (Software Defined Networking) terbagi menjadi 3 layer, yaitu:

  • Application Layer
    • Berisi aplikasi network yang digunakan dalam sebuah perusahaan yang mencakup IDS(Intrusion Detection System), load balancing atau firewall. Apabila jaringan tradisional menggunakan alat tambahan untuk menambah fitur tersebut, maka pada SDN mengganti cara tersebut dengan sebuah aplikasi yang menggunakan controller untuk mengatur data plane.
  • Control Layer
    • SDN Controller mentranslasikan kebutuhan antara aplikasi dan infrastruktur dengan memberikan instruksi yang sesuai dengan SDN Datapath dan relevan dengan SDN Application.
  • Infrastructure Layer
    • Mengatur SDN Datapath sesuai dengan instruksi yang diberikan melalui Control-Data-Plane Interface (CDPI).

Referensi :

https://eueung.gitbooks.io/buku-komunitas-sdn-rg/content/pengantar_sdn/README.html

https://searchnetworking.techtarget.com/definition/software-defined-networking-SDN

Penulis :

Christan; Effendy Wijaya; Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close