People Innovation Excellence
 
Feature Image

Throw vs Throws pada Exception Handling

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai Exception Handling, dimana biasanya hal ini penting digunakan untuk memastikan program tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya meskipun mengalami kendala tertentu.

Pada artikel kali ini, akan dibahas apa perbedaan mengenai keyword throw dan throws.

Throws digunakan untuk mendeklarasikan exception yang biasanya sama seperti digunakan saat penggunaan blok try-catch. Sedangkan, throw digunakan untuk secara eksplisit melempar sebuah exception.

Sebagai contoh, perhatikan potongan code di bawah ini:

Pada potongan program di atas, dapat dilihat bahwa pada saat terjadi error, baik di dalam try maupun tidak, dapat dilakukan pelemparan error menggunakan keyword throw.

Keyword throw ini biasanya diikuti dengan instance dari sebuah Class yang merupakan turunan dari Class Exception (superclass for exception).

Deklarasi menggunakan throws dapat digunakan baik untuk single exception maupun multiple exception. Deklarasi ini dapat dituliskan menggunakan tanda koma (,). Dengan penggunaan throws ini secara tidak langsung menginformasikan bahwa dari bagian fungsi yang dideklarasikan ada kemungkinan akan menghasilkan error berupa salah satu exception yang telah dideklarasikan.

Contoh Program :

Output:

Contohberikutnya:

Output:


Published at : Updated
Written By
Rini Wongso, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator Intelligent Systems | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close