People Innovation Excellence
 
Feature Image

Formula Index pada Excel

Dalam Excel, terdapat banyak formula yang bisa membantu kita mencari informasi dengan lebih mudah. Salah satu formula yang sering digunakan adalah VLOOKUP/HLOOKUP. Formula ini sering digunakan untuk mengambil data dari sebuah table. VLOOKUP digunakan dengan data yang bersifat vertical, sedangkan HLOOKUP digunakan untuk data yang bersifat horizontal. Namun formula ini memiliki kekurangan, dimana jika index yang dicari terdapat di kolom yang lebih kiri dibandingkan dengan kode yang unik.

Formula INDEX dapat digunakan untuk table yang lebih fleksibel, seperti penambahan kolom, atau lokasi kode unik yang bebas. Formula INDEX biasa digunakan bersamaan dengan formula MATCH, dimana formula INDEX digunakan untuk mencari kolom tertentu, sedangkan MATCH untuk mencocokkan kode yang dicari dengan data pada table.

Apabila kita ingin mencari data negara beserta populasi berdasarkan ISO Codes dengan data di bawah ini:

Bagian pencarian dapat dilihat seperti gambar dibawah:

Adapun formula INDEX terdiri dari:

=INDEX(array, row, column) :
Array = Kumpulan data negara, dalam kasus ini adalah B3 sampai E11
Row = Baris yang ingin diambil dari array yang sudah disediakan, dalam kasus ini menggunakan formula MATCH untuk mencari baris yang ingin diketahui
Column = Kolum yang ingin diambil, dalam kasus ini country terdapat di kolom pertama, sehingga ditulis angka 1. Pada bagian Population, angka tersebut diganti menjadi 4

Formula MATCH digunakan untuk mencari lokasi baris pada ISO Codes, dimana formula MATCH memiliki format:

=MATCH(value, array, type) :
Value = Data yang ingin dicari, dalam kasus ini adalah G3
Array = Kumpulan data yang berisi ISO Codes, dalam kasus ini adalah D3 sampai D11
Type = Tipe pencarian, dimana terdapat 3 value yang bisa diisi, yaitu 0 jika ingin pencarian yang sama (exact match), 1 jika ingin mencari yang lebih kecil (less than), dan -1 jika ingin mencari yang lebih besar (greater than), dalam kasus ini adalah 0 karena ingin mencari yang sama

Formula MATCH akan mengembalikan baris yang dicari, dalam kasus ini adalah 6, karena ID berada di baris ke 6 dari array yang sudah disediakan.

Formula MATCH yang sudah dibuat kemudian dimasukkan pada bagian Row di formula INDEX untuk mendapatkan data yang sesuai.


Published at : Updated
Written By
David, S.Kom., M.T.I
Subject Content Coordinator – Game Programming | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close