People Innovation Excellence
 

Penerapan Ethnography Research dalam Human Computer Interaction

Dalam  melakukan penelitian pada hal yang baru atau lingkungan yang baru, perlu pemahaman lebih dalam mengenai apa yang akan diteliti. Sebagai contoh Anda diminta untuk melakukan penelitian aplikasi untuk area penerbangan. Anda belum mempunyai pengalaman maupun tidak mempunyai kenalan dengan orang yang pernah bekerja di area penerbangan. Tentu akan sulit untuk menentukan mengumpulkan kebutuhan dari target user yang tidak terlalu dipahami. Tidak cukup menggunakan satu metode pengumpulan data namun perlu kombinasi beberapa metode. Anda perlu masuk ke lingkungan penerbangan , terlibat langsung dengan orang yang bekerja di area ini. Jadi  kombinasi metode observasi, metode wawancara dan metode partisipasi dapat membantu Anda dalam memahami lebih dalam mengenai kebutuhan user di area penerbangan. Gabungan metode ini dikenal dengan ethnography.

Menurut Angrosino ethnography adalah seni dan ilmu dalam mengambarkan sekelompok manusia (kebiasaannya, keyakinan dan institusinya (2007).

Metode Ethnography sering digunakan dalam penelitian dalam Human Computer Interaction (HCI). Dalam mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna dari beragam kebudayaan perlu dilakukan riset Ethnograhy agar aplikasi yang dikembangkan dapat diterima oleh semua pengguna dari berbagai latar belakang.

Tahapan dalam melakukan Ethnography Research dimulai dari :

  • memilih kelompok atau kategori user Kategori user dapat terdiri dari sekolah,rumah sakit, militer, penerbangan atau yang lain.
  • Memilih peran yang akan dilakukan saat berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, misal tinggal beberapa waktu dalam daerah terpencil untuk memahami keadaan penduduk di daerah tersebut
  • Membangun kedekatan dengan kelompok user tersebut
  • Berkomunikasi lebih dekat
  • Selanjutnya baru melakukan wawancara atau pengamatan lebih detil
  • Analisa hasil dan membuat laporan

Kategori lingkungan pada saat melakukan riset Ethnography dapat dilakukan di dalam rumah, kantor, Pendidikan, maupun di kalangan pengguna mobile, bahkan dapat dilakukan dalam lingkungan virtual, misalnya menggunakan video atau streaming.

Referensi

Jonathan Lazar, Jinjuan Heidi Feng and Harry Hochheiser, “Research Method in Human Computer Interaction”,2010, Wiley , A Jon Wiley and Sons,Ltd Publication.

Russ Unger and Carolyn Chandler,”A Project Guide to UX Design: for User Experience Designers in the Field or in The Making” , Second Edition,  New Riders.ISBN: 978-0-321-81538-5.

Michael Angrosino, “Doing Ethnographic and Observational Research”, Sage Publication.


Published at :
Written By
Yulyani Arifin, S.Kom., M.M
Concentration Content Coordinator Interactive Multimedia | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close