People Innovation Excellence
 

Endless OS

Operating System (OS):

Apaitu system operasi? Jika anda ingin mengetahui seluk beluk computer dan ingin mempelajari computer lebih dalam lagi, maka hal ini menjadi hal yang penting untuk anda ketahui. Secara terminologi, pencatatannya adalah sebuah software yang menjalankan peran untuk memanajemen operasi-operasi dari perangkat computer itu sendiri.

Dalam English, system ini juga sering disebut sebagai Operating System (OS).

Jadi apa itu (OS) itu? Menurut pengertian dangkalnya adalah perangkat lunak yang fungsinya sebagai system dasar pada sebuah perangkat. Yang menjadikannya factor utama dalam menilai sebuah produk teknologi. Dengan kata lain, tanpa adanya OS, user tidak dapat menjalankan perangkatnya dengan mudah.

Nah jadi, setelah mengerti fungsi (OS), saya sekarang mulai menyarankan jika membeli barang seperti  laptop / computer, fokuskanlah User / pemirsa untuk melihat (OS) sebagai focus untuk membeli perangkat yang digunakan. Jangan lihat harga atau bentuk nya.

4 fungsi basic (OS):

– Manajemen kinerja Perangkat = (perangkat keras & lunak)
– Sebagai wadah dari Aplikasi = aplikasi itu sebenarnya tersimpan ┬ádi dalam OS
– Optimalisasi Kerja Perangkat = optimalisasi – – ->kinerja hardware & softwar
– Mengotrol kinerja sebuah Aplikasi = OS mengotrol kinerja Aplikasi & user agar nyaman

Nah sudah selesai kita dengan perkenalan singkat tentang Operation System (OS), sekarang kita akan membahas tentang salah satu(OS), yang berada di dalam distro LINUX.

Di era teknologi yang telah berkembang dengan pesat sekarang ini, telah banyak bermunculan OS baru yang dapat berfungsi dengan baik. Salah satu OS yang baru muncul di beberapa tahun terakhir ini adalah Endless OS, hasil karya pengembang bernama Endless Mobile, Inc.

Endless adalah OS yang berbasis Linux yang memudahkan integrasi antar perangkat. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Endless OS adalah antar mukanya yang sangat sederhana dan user-friendly. Jadi siapa saja dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur yang ada, sekalipun mereka belum berpengalaman dalam mengoperasikan computer. Hal ini dikarenakan antar muka yang digunakan dalam Endless OS mirip dengan antar muka pada smartphone.

Keunggulan lain yang dimiliki Endless OS adalah Endless OS telah dilengkapi dengan lebih dari 100 aplikasi gratis yang dapat langsung digunakan secara penuh tanpa harus terhubung dengan internet. Jadi, tidak seperti kebanyakan OS lainnya yang membutuhkan koneksi internet untuk dapat bekerja secara optimal, Endless OS dapat bekerja dengan optimal tanpa terhubung dengan internet. Tidak hanya itu, jika user masih membutuhkan aplikasi lain, Endless OS juga menyediakan toko aplikasi yang menyediakan beragam aplikasi secara gratis yang mencakup aplikasi lengkap untuk bekerja, belajar, atau bermain.

Singkatnya, berikut adalah keuntungan dan kemudahan utama yang bisa di dapat dengan menggunakan Endless OS:

  • Multi-platform (computer, smartphone, television, dll)
  • Design yang natural dan user friendly (design seperti menggunakan smartphone)
  • Dilengkapi dengan lebih dari 100 aplikasi gratis
  • Banyak tools dan apps yang tidak perlu internet connection
  • Selain free download, juga dilengkapi virus-resistance / anti-virus
  • Portable hardware
  • Open source
  • Tidak memerlukan spesifikasi tinggi

Kesimpulan dalam content, interface, dan keseluruhan perkembangan teknologi. Endless OS telah berhasil mencapai sesuatu yang extraordinary. Endless OS telah berhasil membuat operating system yang mampu menjangkau semua kalangan user. Mulai dari pemula menuju yang mampu.

Banyak user pemakai computer / laptop adalah user yang ingin interface yang user friendly, sederhana dan mudah digunakan.

Author : Michael Tantoro, Austin Leonardo, Joshua Nissi Handjaja, Bayu Kanigoro


Published at : Updated
Written By
Bayu Kanigoro, S.Kom., M.T
Concentration Content Coordinator Network Technology | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close