People Innovation Excellence
 

Big Data

Big data adalah kumpulan data yang sangat besar dan kompleks. Istilah big data muncul sekitar tahun 1960-1970. Pada tahun 2005, perkembangan data yang dihasilkan dari berbagai website, internet of things, dan devices menjadi sangat besar dan pesat. Data-data ini dikumpulkan menjadi big data dan digunakan untuk menganalisa pola pengunaan, dan untuk mengukur performa sebuah produk.

Menurut definisi Douglas Lagney, big data memiliki 3 poin penting yaitu:
1. Volume
Big data terdiri dari data yang sangat banyak, dan tidak terstruktur. Sumber data dapat berasal dari berbagai sumber, seperti transaksi user, media sosial, dan informasi dari sensor.

2. Velocity
Arus data yang sangat cepat dan perlu ditangani secara real-time.

3. Variety
Data yang diterima bisa dalam bentuk apapun, baik itu angka, text, audio, ataupun video.

Big data bersumber dari berbagai data yang terpisah. Untuk menggabungkan data tersebut diperlukan strategi dan teknologi yang lebih modern. Hasil dari proses integrasi ini berupa data yang sudah terbentuk dan dapat diolah untuk analisa bisnis. Dalam mengolah big data tentunya ada banyak tantangan. Pertama, ukuran big data sangatlah besar, diperlukan metode penyimpanan yang efektif. Lalu perkembangan big data juga sangatlah cepat, sehingga perusahaan perlu mengimbangi kapasitas penyimpanan dengan jumlah data yang terus bertambah. Kedua, kualitas data juga sangat penting. Datadata yang masuk belum tentu semuanya berguna, sehingga data-data tersebut perlu diolah dahulu, dan proses ini memakan waktu yang lama. Big data yanag sudah terolah digunakan untuk menganalisa bisnis yang dilakukan perusahaan. Dari data-data yang masuk, perusahaan tersebut dapat menganalisa hal-halyang berkaitan dengan product development, customer experience, fraud and complience, machine learning, dan operational efficiency. Dari hasil analisa tersebut, perusahaan dapat menemukan suatu pola atau temuan-temuan baru yang akan menguntungkan bisnis perusahaan tersebut.

Sumber :
https://www.oracle.com/big-data/guide/what-is-big-data.html

Author: Adrian (1901459655)
Supervisor: Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng. (D5878)


Published at : Updated
Written By
Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng.
Subject Content Coordinator Database Systems | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close