People Innovation Excellence
 
Feature Image

Motion Detection

Pada zaman digital ini, perkembangan teknologi menjadi semakin pesat. Hal ini ditunjukkan dengan terdapat sangat banyaknya inovasi-inovasi teknologi yang telah ditemukan dan diciptakan. Dengan perkembangan teknologi ini, masyarakat pun merasa sangat terbantu dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Segi perkembangan teknologi ini juga melingkupi berbagai aspek yang sangat penting dalam kehidupan seperti keamanan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh banyak para peneliti saat ini adalah Motion Detection atau pendeteksi gerak. Teknologi ini berfungsi sebagai perangkat yang dapatmendeteksi objek bergerak, khususnya pergerakan orang. Detektor gerak sering diintegrasikansebagai komponen sistem yang secara otomatis melakukan peringatan apabila terjadi pergerakan yang mencurigakan di suatu daerah.

Pendeteksi gerak ini memiliki fitur yang sangat berguna dalam aspek keamanan, dimana pada umumnya motion detection ini diterapkan pada CCTV (Closed-Circuit Television) yang dapat mendeteksi apabila ada pergerakan. Ketika motion detection ini diterapkan dan tertangkap oleh CCTV bahwa adanya pergerakan, CCTV akan bergerak fokus pada sumber area pergerakan tersebut. Motion detection ini biasanya dipergunakan untuk mengetahuipergerakan misterius yang terjadi di malam hari, yang bertujuan untuk menghindari terjadinya tindakan kriminalitas. Hal tersebut didukung dengan menambahkan fitur alarm peringatan  apabila terjadi gerakan yang mencurigakan ataupun sebagai pengidentifikasi bukti akan suatu kejadian.

Pendeteksi gerak ini pun telah dikembangkan secara mendalam sehingga, cara mendeteksi gerakan yang terjadi pun dapat diketahui dengan berbagai metode, sesuai dengan perangkat pendeteksi tersebut. Ada pendeteksi gerak yang mendeteksi suhu panas dari tubuh seseorang sebagai pemicunya, dan ada juga yang mengandalkan getaran pada lingkungan sekitar pendeteksi sebagai indikatornya. Suara juga dapat menjadi indikator pendeteksi dari motion detection ini.

Maka dari itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, kita sebagai pengguna diharapkan dapat memilih dan menggunakan teknologi dengan baik, serta menemukan teknologi-teknologi yang dapat membantu kita dalam kebutuhan sehari-hari. Seperti pada penggunaan pendeteksi gerak ini yang berguna sebagai perangkat keamanan yang dapat membuat kita merasa lebih nyaman dan aman.

Author: Renaldi Husin (1901483710)
Supervisor: Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng. (D5878)


Published at : Updated
Written By
Dewi Suryani, S.Kom., M.Eng.
Subject Content Coordinator Database Systems | School of Computer Science

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close