People Innovation Excellence

Pengumpulan Laporan Kerja Praktek Jalur HACKATHON

Pengumpulan Laporan Kerja Praktek Jalur HACKATHON

Dear Peserta Developer Challenge (HACKATHON),

Selamat kepada semua peserta Developer Challenge (HACKATHON) yang telah berhasil publish apps pada Windows Store. Berikut adalah hal yang perlu kalian lakukan untuk menjadikan aplikasi kalian tersebut sebagai Laporan Kerja Praktek di Semester 6 (TI, MAT, dan GAT) atau Semester 9 (TI-MAT dan TI-STAT):

  1. Memiliki bukti berupa sertifikat HACKATHON sebagai Publisher (P) yang menandakan bahwa aplikasi yang dimiliki sudah ter-publish ke dalam Windows Store. Setiap anggota WAJIB memiliki sertifikat ini jika ingin menggunakan aplikasi-nya sebagai Laporan Kerja Praktek.
  2. Kalian WAJIB hadir pada acara puncak HACKATHON yang telah diadakan pada tanggal 15 Februari 2014. Bukti kehadiran berupa sertifikat, yaitu Attendance (A), akan dibutuhkan dalam pengumpulan hasil Kerja Praktek. Setiap anggota WAJIB memiliki sertifikat ini jika ingin menggunakan aplikasi-nya sebagai Laporan Kerja Praktek.
  3. Meminta Surat Survey (Surat Keterangan Kerja Praktek) kepada IT Division sebagai bukti bahwa kalian sudah melakukan kerja praktek. Silahkan melakukan pengisian Judul Kerja Praktek untuk kelompok masing-masing pada form berikut: http://form.ict.binus.edu/judulKPJudul Kerja Praktek ini adalah judul untuk penulisan Laporan Kerja Praktek yang akan kalian kumpulkan nanti.PENTING:
    Untuk judul dari Laporan Kerja Praktek JANGAN langsung mengambil nama aplikasi menjadi judul dari laporan. Misal nama aplikasi kalian adalah “Astorization”, maka judul yang baik adalah “Analisis dan Perancangan Aplikasi Game “Astorization” pada Windows 8″.DEADLINE:
    Pengisian form Judul KP ini dilakukan PALING LAMBAT sampai dengan hari Senin, 07 April 2014. Untuk tanggal pengambilan Surat Keterangan KP akan diinfokan kembali oleh pihak IT Division via email dan sosial media lainnya.
  4. Mengumpulkan Laporan Kerja Praktek yang berisi mengenai dokumentasi dari aplikasi yang telah kalian buat. Untuk format laporan Kerja Praktek, dapat di-unduh pada link berikut: http://socs.binus.ac.id/2012/03/08/briefing-kerja-praktek-teknik-informatika/Setelah membukanya, klik pada link “buku petunjuk mengenai ketentuan KP”. Di dalam Laporan Kerja Praktek tersebut, kalian WAJIB menyertakan LAMPIRKAN berupa 3 dokumen berikut :
    1. Sertifikat HACKATHON sebagai Publisher (P) untuk setiap anggota
    2. Bukti kehadiran berupa sertifikat Attendance (A) untuk setiap anggota
    3. Surat Survey (Surat Keterangan Kerja Praktek) kelompok
  5. Setelah Laporan Kerja Praktek yang berisi dokumentasi dan semua sertifikat yang diperlukan telah diselesaikan, kalian dapat menyerahkan dokumen tersebut kepada bagian Layanan Mahasiswa (LIM).

IMPORTANT NOTE:

Perlu diperhatikan juga bahwa kelompok yang dapat menggunakan aplikasi Dev Challenge sebagai kerja praktek hanyalah kelompok yang SELURUH ANGGOTANYA memiliki sertifikat sebagai Attendance (A) dan Publisher (P) saja, serta berasal dari kelompok yang sama (aplikasi harus sama).

FAQ:

  1. Dimana saya dapat memperoleh sertifikat untuk Developer Challenge?
    Setifikat yang dibagikan berupa E-Certificate dan telah dapat di-unduh pada link berikut: http://1drv.ms/ODBhQN
    Silahkan mencari sertifikat Developer Challenge berdasarkan NIM masing-masing. Pilih mode “Detail View“ dan “Sort by Name” untuk memudahkan pencarian.
  2. Apakah satu orang dapat memiliki lebih dari satu sertifikat?
    Iya, satu orang dapat memiliki lebih dari satu sertifikat. Sertifikat yang diberikan ada 5 jenis, sehingga untuk satu orang bisa saja mendapatkan lebih dari satu sertifikat.
    Kelima jenis sertifikat tersebut adalah sertifikat sebagai (perhatikan kode huruf pada sertifikat):

    1. Publisher (P) : Didapatkan karena mempublish aplikasi ke dalam Windows Store
    2. Attendance (A): Didapatkan karena menghadiri acara puncak pada tanggal 15 Februari 2014
    3. Trainee (T) : Didapatkan karena menghadiri training yang diadakan oleh panitia
    4. Instructor (I): Didapatkan karena menjadi instruktur pada saat training
    5. Winner (W) : Didapatkan karena menjadi pemenang baik menjadi Juara 1-3, Juara Favorit ataupun Pemenang Mini Competition
  3. Bagaimana pembentukan KELOMPOK Kerja Praktek?
    Jumlah dalam 1 kelompok adalah 1-3 orang. Kelompok yang tadinya bertiga bisa saja jadi berdua atau sendiri (misal kelompok-nya mengambil KP Khusus atau KP Reguler). Atau mungkin saat anggota kelompok-nya tidak memiliki sertifikat yang lengkap (anggota yang data-nya tidak lengkap harus di-keluarkan dari kelompok).
  4. Satu kelompok butuh kumpul berapa banyak laporan KP?
    Laporan Kerja Praktek yang berisi mengenai dokumentasi dari aplikasi yang telah kalian buat adalah untuk per-kelompok. Jadi, satu kelompok hanya perlu mengumpulkan SATU laporan Kerja Praktek saja.
  5. Jika saya adalah anak GLOBAL (SMART) CLASS, laporan Kerja Praktek memakai bahasa Inggris atau Indonesia?
    Untuk anak global (smart) class, penulisan laporan Kerja Praktek memakai bahasa Inggris.

 

MEMILIKI PERTANYAAN LAIN?

  • Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan seputar Developer Challenge, silahkan menghubungi via email di binusw8hackathon@gmail.com.
  • Apabila ada pertanyaan mengenai teknis Kerja Praktek (penulisan ataupun mekanisme penggunaan aplikasi Dev Challenge sebagai aplikasi Kerja Praktek), silahkan langsung menanyakannya ke School of Computer Science (Ruang Akademis Kampus Syahdan, Lt 1).
  • Tanggal pengumpulan (deadline) dari Laporan Kerja Praktek (KP) jalur HACKATHON sama dengan tanggal pengumpulan Laporan Kerja Praktek jalur BIASA. Untuk tanggal pengumpulan tersebut, silahkan ditanyakan kepada Layanan Mahasiswa (LIM).

 


Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close