People Innovation Excellence

HACKATHON

Dear Peserta Developer Challenge (HACKTHON),

Selamat kepada semua peserta DevCon yang telah berhasil publish apps pada Windows Store. Berikut adalah hal yang perlu kalian perhatikan untuk menjadikan aplikasi kalian tersebut untuk Kerja Praktek di Semester 6 (TI, MAT, dan GAT) atau Semester 9 (TI-MAT dan TI-STAT):

  1. Memberikan bukti berupa sertifikat Application Publication DevCon8 yang menandakan bahwa aplikasi yang dimiliki sudah terpublish ke dalam Windows Store, setiap anggota wajib memiliki sertifikat ini. Sertifikat akan di-serahkan oleh pihak Microsoft.
  2. Kalian WAJIB hadir pada acara puncak Developer Challenge (HACKATHON) yang akan diadakan pada tanggal 15 Februari 2014. Bukti kehadiran berupa sertifikat akan diserahkan oleh pihak IT Directorate yang nanti-nya akan dibutuhkan dalam pengumpulan hasil Kerja Praktek. Setiap anggota wajib memiliki sertifikat ini.
  3. Mengumpulkan Laporan Kerja Praktek yang berisi mengenai dokumentasi dari aplikasi yang telah kalian buat. Untuk format laporan Kerja Praktek, silahkan konsultasi-kan hal tersebut kepada bagian layanan mahasiswa.
  4. Meminta Surat Survey dari IT Directorate sebagai bukti bahwa kalian sudah melakukan kerja praktek disana.
    Setelah ke-empat dokumen tersebut telah dikumpulkan, kalian bisa mengumpulkan laporan ini kepada Layanan Mahasiswa.

Setelah ke-empat dokumen tersebut telah dikumpulkan, kalian bisa mengumpulkan laporan ini kepada Layanan Mahasiswa.

hackathon

Developer Conference 8 (DevCon8) merupakan sebuah event bergengsi bagi para developer dan tim (designer, project manager, dan lainnya) untuk bersama-sama berkolaborasi dalam proyek pengembangan perangkat lunak pada sistem operasi Windows 8. Umumnya, DevCon8 ini khusus diadakan untuk menunjang pendidikan atau sosial. DevCon8 memiliki fokus tersendiri yang meliputi bahasa pemrograman, sistem operasi, aplikasi, API, dan lainnya. Pada acara DevCon8 akan dihadiri sekitar 1000 developer dari mahasiswa Semester 5 SoCS Binus University yang telah mengembangkan sebuah solusi berupa aplikasi Windows 8 dengan menggunakan Modern UI Style untuk kemudian diupload ke dalam Windows Store. Puncak acara celebration DevCon8 akan diadakan pada tanggal akhir Januari 2014 (tempat akan diinformasikan lebih lanjut). Dan acara ini dipersembahkan oleh Binus University yang bekerja sama dengan Microsoft.

Peraturan

Acara DevCon8 ini bersifat WAJIB bagi mahasiswa jurusan :

  1. Teknik Informatika ( semester 5 ), pengayaan mata kuliah T0593 – Interaksi Manusia dan Komputer ( sesuai dengan kewenangan dosen pengajar )
  2. Game Application Technology  ( semester 3 ),  pengayaan mata kuliah T1244 – 2D Game Programming  ( sesuai dengan kewenangan dosen pengajar )
  3. Mobile Application Technology (Semester 3), pengayaan matakuliah T1034 – Mobile Community Solution (Sesuai dengan kewenangan dosen pengajar)
  4. TI Matematika ( semester 7 ) , pengayaan matakuliah K0674 – Mobile Computing ( sesuai dengan kewenangan dosen pengajar )
  5. TI Statistika ( semester 7 ), pengayaan matakuliah T0593 – Human and Computer Interaction  ( sesuai dengan kewenangan dosen pengajar )

Aplikasi yang berhasil masuk ke dalam Windows Store sebelum acara puncak celebration DevCon8 terlaksana dapat dijadikan sebagai aplikasi untuk Kerja Praktek di Semester 6 (TI, MAT, dan GAT) atau Semester 9 (TI-MAT dan TI-STAT). Peluang ini dikhususkan bagi mahasiswa TI, MAT dan GAT yang pada saat ini sedang menjalani semester 5 serta mahasiswa TI-MAT dan TI-STAT yang sedang menjalani semester 7 dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Aplikasi yang dibuat sudah terpublish di dalam Windows Store sebelum acara puncak celebration DevCon8 berlangsung. Aplikasi yang terdaftar di Windows Store sebelum tanggal 1 November 2013 tidak dapat diikutsertakan
  2. Memberikan bukti (berupa sertifikat Application Publication DevCon8 2013) yang menandakan bahwa aplikasi yang dimiliki sudah terpublish ke dalam Windows Store, setiap anggota wajib memiliki sertifikat tersebut
  3. Mengumpulkan laporan Kerja Praktek

Pengerjaan aplikasi DevCon8 ini diperbolehkan perseorangan atau tim (1 tim maksimal 3 orang sesuai dengan perencanaan tim Kerja Praktek). 1 tim boleh mengembangkan lebih dari 1 aplikasi dan kategori aplikasi bebas (game, utility, entertainment, dll).
Anggota tim dapat merupakan gabungan dari beberapa jurusan namun harus diperhatikan bahwa ini untuk perencanaan kelompok Kerja Praktek mahasiswa TI di semester 6 nantinya.

Acara puncak celebration DevCon8 diperkirakan akan diadakan pada akhir Januari 2014 dan wajib dihadiri oleh seluruh peserta dan sertifikat hanya akan diberikan bagi yang hadir. Bagi peserta yang berhalangan hadir harap menghubungi pihak sekretariat Jurusan untuk mendapatkan surat ijin ketidakhadiran.

Pendaftaran 

Seluruh peserta DevCon8 diwajibkan untuk mengisi nama kelompok, anggota tim, dan jadwal training terlebih dahulu secara online di http://form.ict.binus.edu/Devcon8.
Pengisian dilakukan paling lambat tanggal 18 November 2013.

Training

Sebelum mengikuti DevCon8, para peserta akan dibekali terlebih dahulu dengan pengetahuan mengenai Windows 8 dan bagaimana cara membuat aplikasi di dalamnya. Oleh karena itu akan diadakan training Windows 8 yang akan diadakan pada :

Batch 1

  • Tanggal : 29 Oct – 15 Nov 2013
  • Waktu : Shift 1 08.00 – 12.00
  • Shift 2 13.00 – 17.00
  • Tempat : IT Division
  • Kampus Syahdan
  • Lantai 2 Gedung H
  • Materi : JS (Javascript) & Construct 2

Batch 2

  • Tanggal : 18 Nov – 10 Des 2013
  • Waktu : Shift 1 08.00 – 12.00
  • Shift 2 13.00 – 17.00
  • Tempat : IT Division
  • Kampus Syahdan
  • Lantai 2 Gedung H
  • Materi : JS (Javascript) & Construct 2

Peserta yang diperbolehkan untuk mengikuti training di dalam 1 tim maksimal adalah 2 orang dan training akan dilakukan secara bertahap (berbeda batch). Informasi mengenai alokasi training akan diumumkan di http://ict.binus.edu

Perlu diperhatikan bahwa training tidak akan diadakan apabila kuota peserta masih belum mencukupi.

Keuntungan

  1. Pengenalan terhadap teknologi Microsoft Windows 8
  2. Terbuka kesempatan yang luas bagi para mahasiswa untuk dapat belajar menjadi technopreneur melalui pemanfaatan Windows Store
  3. Memberi nilai tambah (portfolio) bagi peserta ketika memasuki dunia kerja
  4. Menikmati pengalaman dari sebuah acara internasional dan mendapatkan pengetahuan dari pembicara ahli dari Microsoft
  5. Mengasah kemampuan programming mahasiswa

Contact Person

Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silahkan mengirimkan email ke binusw8hackathon@gmail.com dengan format subject : Pertanyaan Hackathon2013 – [NIM] [Nama]

Tutorial Windows 8

  1. Link Material dan Informasi Penting Lainnya klik di sini
  2. Link installer Visual Studio 2012 klik di sini
  3.  HTML + JavaScript + CSS

 

 


Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close