People Innovation Excellence

Research

Berdasarkan RIP Penelitian dalam kurun waktu lima tahun, maka School of Computer Science menyusun Road Map, sebagai berikut:

ROAD MAP / RIP  PENELITIAN (2010 – 2015)

Teknik Informatika

Melalui dokumen ini Jurusan Teknik Informatika BINUS University menerangkan rancangan roadmap serta rencana pencapaian penelitian yang disesuaikan dengan 5 peminatan jurusan. Sub topic penelitian beserta rencana pencapaiannya dijabarkan sebagai berikut:

1. Aplikasi Database & Sistem Informasi Geografi

Deskripsi:

Mendalami berbagai teknologi dan perkembangan system basis data serta basis data spatial (SIG). Subtopic penelitian ini diharapkan meningkatkan keterlibatan peneliti/dosen dalam mengkaji topic seputar database serta data mining baik dalam bentuk teks, gambar, serta space data.

Acuan dasar:

  • Database
  • Data-mining
  • Spatial database

Outcome yang diharapkan:

  • Ready paper (National and International)
  • Prototype or comparative study: Datawarehouse, Data Mining, Database Tools (Engine,
  • Performance Tunning, Migrate, Backup Recovery, Security, Compare, etc), Geographics information system.

2. Intelegensia Semu

Deskripsi:

Mendalami berbagai teknik kecerdasan computer yang dapat diterapkan untuk memecahkan suatu permasalahan. Subtopic penelitian ini diharapkan meningkatkan keterlibatan peneliti/dosen dalam penerapan teknik kecerdasan buatan untuk berbagai aplikasi.

Acuan dasar:

  • Sistem Pakar
  • Computer Vision
  • NeuroComputing
  • Fuzzy logic

Outcome yang diharapkan:

  • Ready paper(National and International).
  • Prototype or comparative study: Aplikasi Sistem Pakar, Aplikasi NeuroComputing / Jaringan Saraf Tiruan(Pengenalan Pola), Aplikasi Computer Vision / Image Processing, Aplikasi Natural Language(Penerjemah Bahasa, ChatBot, etc), AI Games dan Fuzzy logic implementation.

3. Software Engineering

Deskripsi:

Mendalami berbagai metodologi dan alat bantu pengembangan perangkat lunak. Subtopic penelitian ini diharapkan meningkatkan keterlibatan para peneliti dalam merekayasa perangkat lunak berskala besar dengan metodologi yang baik dan lengkap. Perangkat lunak yang dimaksud dikhususkan pada aplikasi:Mobile, Web application, dan Multimedia and Game.

Acuan dasar:

  • Software Engineering(pressman)

Outcome yang diharapkan:

  • Ready paper(National and International).
  • Prototype: E-Aplication, E-GOV, E-CRM, E-HRM, serta Mobile Computing.

4. Jaringan

Deskripsi:

Mendalami bidang jaringan Komputer meliputi implementasi teknologi, manajemen dan optimasi jaringan computer. Subtopic penelitian ini diharapkan meningkatkan keterlibatan para peneliti dalam riset-riset yang berhubungan dengan teknologi terbaru jaringan computer serta keamanan jaringan.

Acuan dasar:

  • Teknologi Jaringan Komputer
  • Keamanan Jaringan

Outcome yang diharapkan:

  • Ready paper(National and Inetrnational).
  • Prototype or comparative study: WAN, MAN, new LAN technology, IPV6, and Network security policy/Network audit.

5.  Multimedia

Deskripsi:

Mendalami bidang multimedia dan game technology. Subtopic penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan para peneliti/dosen dalam riset yang berhubungan dengan multimedia(sound and graphic) serta game technology.

Acuan dasar:

  • Multimedia(dastbaz, Hofstetter)

Outcome yang diharapkan:

  • Ready paper(National and International).
  • Prototype or comparative study: Aplikasi Game (2D, 3D, Online,Mobile), serta pemanfaatan teknologi multimedia.

ROAD MAP PENELITIAN

MATEMATIKA & STATISTIKA (2010 – 2015)

Pendahuluan

  1.  Mengacu pada Visi danMisiRisetBINUSUniversitydiantaranya adalah Creative Industrial Implementation base Campus dan Development to ”Virtual Business Community
  2. Mengacu pada visi & misi departemen Matematika & Statistika yang akan mengembangkan Computational Mathematics for Optimization models dan Computational Statistics for Marketing Research and Economics

Sasaran  2015

Dikuasainya Matematika komputasi (S/W) untuk model perhitungan optimisasi di Ekonomi dan Industri serta Statistika komputasi (S/W) untuk masalah-masalah Ekonomi dan Riset pasar berbasis open system dan open source dengan harga murah, mudah digunakan, tahan terhadap kesalahan pengoperasian

Topik 1. Matematika Komputasi  untuk Optimisasi

a.      Sasaran

  1. Memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat yang ingin melakukan optimasi proses  di Industri, Ekonomi dan Bisnis yang menggunakan rumusan dan perhitungan matematika dengan bantuan program komputer (s/w) yang  dikembangkan.
  2. Mengembangkan riset dan menghasilkan produk (s/w) dan model matematika untuk mengurangi dan menanggulangi keterkaitan dalam pembayaran lisensi penggunaan paket-paket software Matematika yang telah ada. (mis Mapple, Matlab dan lain-lain).

b.     Kegiatan Penelitian

  1. Bio-Mathematics; pemrosesan model rumusan biologi, pertanian digabungkan dengan model matematika yang kemudian dibuat dalam suatu bentuk software sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang bekaitan dengan ilmu Biologi seperti test DNA, model matematika epidemologi, model varitas padi dan lain-lain.(Pertanian, Ketahanan Pangan)
  2. Dynamical Systems; pemrosesan dinamis merupakan hal yang penting, karena pada dasarnya sebagian besar  proses  yang ada di industri, ekonomi dan bisnis pada saat adalah dinamis atau tidak tetap, sehingga sangat dibutuhkan model dinamis yang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Model ini juga akan dilengkapi dengan program komputer (S/W) untuk proses perhitungan matematisnya. (Rekayasa,  Teknologi Pertahanan & Keamanan)
  3. Optimization models; dalam kehidupan manusia saat ini banyak hal-hal yang sudah diselesaikan, namun dari beberapa masalah yang telah selesai itu adanya masih dapat dilakukan penyelesaian yang lebih optimal apakah maksimum atau minimum dengan menggunakan model satau rumusan matematika. Oleh karena itu penelitian tentang optimasisi ini menjadi penting. Disamping itu model optimisasi pada umumnya menggunakan proses yang berulang untuk menentukan  optimal maka penggunaan program komputer untuk model ini menjadi nilai tambah penelitiannya. (Rekayasa,  Teknologi  & Manajemen Industri)
  4. Simulation Models; pemrosesan model simulasi merupakan salah satu alat yang ampuh dalam menyelesaikan berbagai masalah, jika masalah tersebut tidak lagi dapat diselesaikan dengan model analitis. Sehubungan denga hal itu maka penelitian tentang simualsi model ini menjadi penting sebagai alat bantu terakhir dalam penyelesaian berbagai masalah di industri, ekonomi, bisnis dan bidang lainnya. Penelitian model ini juga dikembangkan dengan menggunakan alat bantu program  komputer (S/W). (Rekayasa,  Teknologi & Manajemen Industri)
  5. Mathematics Soft Computing; penelitian pada bidang soft computing dimaksudkan untuk mengembangkan beberapa software dalam perhitungan dan model matematika, yang diharapkan dari beberapa software yang telah dikembangkan nantinya dapat diintergrasikan sehingga menjadi satu program paket yang handal untuk berbagai penyelesaiaan model matematika. Software yang dikembangkan merupakan open source yang dapat digunakan oleh berbagai pihak yang membutuhkan sehingga mengurangi ketergantungan kita terhadap software paket yang sudah ada dipasaran seperti Mample, Matlab, spss dan lainnya. (MIPA, Sosial/Ekonomi,  Teknologi Informasi & Komunikasi)

C.Roadmap

Roadmap Matematika Komputasi  ini meliputi beberapa tahapan yaitu :

Tahap

Penekanan Penelitian & Pengembangan

Keluaran

Penguasaan  Model Matematika & Teknologi
  • Pengembangan model  Matematika & teknologi  untuk aplikasi dasar
  • Pengembangan lagoritma untuk proses perhitungan model-model matematika.
  • Aplikasi dasar model matematika untuk Industri dan Bisnis
Penguasaan Teknologi algoritma dan model Optimisasi serta aplikasi
  • Pengembangan aplikasi model matematika pada bidang Industri, Bisnis dan manajemen khususnya pada bidang  Biomathematics.
  • Aplikasi lanjutan model matematika untuk industri, bisnis & ekonomi
  • Algoritma model matematika yang digunakan
Pengembangan aplikasi  lanjut model Matematika utk Optimisasi
  • Pengembangan aplikasi model matematika dalam proses optimasi proses industri, ekonomi dan bisnis berbasis software open source, mudah dioperasikan, murah dan tahan terhadap kesalahan operasional.
  • Software aplikasi matematika utk optimisasi yang open source, mudah dioperasikan & murah.
Pengembangan Prototype systen S/W  aplikasi matematika yang diakui.
  • Pengembangan software handal serta mendapat  pengakuan HaKI serta digunakan oleh berbagai pihak terkait.
  • Software yg dikembangkan memperoleh HaKI dan digunakan banyak user.

Topik 2. Statistika  Komputasi  untuk Riset Pasar & Ekonomi

a.      Sasaran

  1. Memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat yang ingin melakukan kontrol kualitas   dan pencocokan pola di Industri, Ekonomi dan Bisnis yang menggunakan rumusan dan perhitungan Statistika dengan bantuan program komputer (s/w) yang  dikembangkan.
  2. Mengembangkan riset dan menghasilkan produk (s/w) dan model statistika untuk proses analisis data serta mengurangi keterkaitan dalam pembayaran lisensi penggunaan paket-paket software Statistika yang telah ada. (mis SPSS, Minitab dan lain-lain).

b.     Kegiatan Penelitian

1.      Bio-Statistics; pemrosesan model rumusan biologi, pertanian digabungkan dengan model statistika yang kemudian dibuat dalam suatu bentuk software sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang bekaitan dengan ilmu Biologi seperti test DNA, model peramalan penularan virus, model pertumbuhan varietas dan lain-lain.(Pertanian, Ketahanan Pangan)

2.      Quality Control; pemrosesan pengendalian kualitas produk merupakan hal yang penting, karena pada dasarnya sebagian besar  produk industri dan bisnis memerlukan pengukuran keandalan produknya, sehingga memiliki kualitas yang baik untuk mengoptimalkan biaya operasionalnya. Model penelitian ini juga akan dilengkapi dengan program komputer (S/W) untuk proses perhitungannya. (Pertanian, Rekayasa,  Teknologi & Manajemen Transportasi)

3.      Pattern Recoqnizer; proses ini saat ini banyak dikembangkan, karena dengan model penelitian ini kita dapat menyelesaikan berbagai masalah di bidang industri, ekonomi dan bisnis, seperti misalnya stock exchange, market share, perhitungan saham. Dengan model ini diharapkan dapat membantu para pengambil keputusan untuk melakukan tindakan. (Sosial/Ekonomi, Teknologi Kesehatan & Obat)

4.   Bayesian Statistics; pemrosesan bayes merupakan dasar perhitungan analisis data secara statistika yang akhir-kahir ini banyak digunakan untuk menghitung peluang terjadinya sesuatu di masa depan. Hal ini menunjukkan bahwa bayesian statistics merupakan suatu topik penelitian yang akan terus berkembang dan banyak digunakan, karena dengan adanya ketidak pastian (probabilistics) di beberapa proses dalam kehidupan manusia khususnya industri, ekonomi dan bisnis mengakibatkan penelitian itu diperlukan. (MIPA, Pertanian, Teknologi Informasi & Komunikasi)

5.   Econometrics; penelitian ini diarahkan pada pengembangan model statistika dan metodologi untuk analisis data ekonomi untuk menyajikan pola-pola tertentu dalam dalam bisnis dan ekonomi. Untuk meningkatkan hasil yang lebih baik  diperlukan model-model  statistika yang handal.(Sosial/Ekonomi, Pendidikan)

C.Roadmap

Roadmap Matematika Aplikasi  ini meliputi beberapa tahapan yaitu :

Tahap

Penekanan Penelitian & Pengembangan

Keluaran

Penguasaan  Model Statistika & Teknologi
  • -Pengembangan model  Statistika & teknologi  untuk aplikasi dasar- Pengembangan lagoritma untuk proses perhitungan model-model statistika
  • Aplikasi dasar model Statistika untuk Industri dan Bisnis
Penguasaan Teknologi algoritma dan pemodelan data  serta aplikasi
  • Pengembangan aplikasi model statistika pada bidang Industri, Bisnis dan manajemen khususnya pada bidang  Biostatistics dan pattern recoqnizer
  • Perumusan model statistik data yang terkumpul.
  • Aplikasi lanjutan model statistika utk industri, bisnis & ekonomi-Algoritma model statistika yang digunakan
Pengembangan aplikasi  lanjut model Statistika utk pattern Recoqnizer dan ecomometrics
  • Pengembangan aplikasi model statistika dalam proses pencocokan pola dan econometrics pada industri, ekonomi dan bisnis berbasis software open source, mudah dioperasikan, murah dan tahan terhadap kesalahan operasional.
  • Software aplikasi statistika utk optimisasi yang open source, mudah dioperasikan & murah.
Pengembangan Prototype systen S/W  aplikasi statistika yang diakui.
  • Pengembangan software handal serta mendapat  pengakuan HaKI serta digunakan oleh berbagai pihak terkait.
  • Software yg dikembangkan memperoleh HaKI dan digunakan banyak user.

Last updated :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close