Research Dive Geo-AI Research & Innovation Lab

Geo-AI Research & Innovation Lab Universitas Bina Nusantara (Geo-AI Lab BINUS) melaksanakan kegiatan Research Dive yang diadakan pada 5 hari berturut-turut dari hari Rabu, 24 November 2021 sampai dengan hari Senin, 29 November 2021. Tujuan diadakannya kegiatan Research Dive ini adalah agar dapat memberikan pengetahuan bagaimana membangun sebuah penelitian pada bidang Geospatial AI ataupun pada GIS, sehingga bisa menghasilkan manuscript yang baik sehingga dapat di publish pada paper atau jurnal internasional.

Peserta pada kegiatan ini ada mahasiswa yang sedang melakukan internship di ESRI, beserta pembimbingnya masing-masing. Adapun rangkaian kegiatannya sebagai berikut:

Pada hari pertama, Rabu, 24 November 2011, kegiatan diadakan secara online dengan dibuka melalui pembicara dari Ibu Dr.Eng. Masita Dwi Mandini Manessa, S.Si., M.Si., M.Eng. Beliau membawakan materi mengenai “How to create and develop a geospatial research project : Data and Methodology”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi pada masing-masing kelompok dengan supervisor masing-masing pada break out room, untuk berdiskusi mengenai paper atau project yang akan dikerjakan.

Pada hari kedua, Kamis, 25 November 2011, kegiatan diadakan secara online dengan pembicara dari Bapak Muharram Syah dari ESRI. Beliau membawakan materi mengenai “Integrating Machine Learning with GIS workflow using ArcGIS Python API”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi pada masing-masing kelompok dengan supervisor masing-masing pada break out room, dengan melanjutkan diskusi pada project yang dikerjakan.

Pada hari ketiga, Jumat, 26 November 2011, kegiatan diadakan secara online dengan pembicara dari Bapak Jaka Pranata dari ESRI. Beliau membawakan materi mengenai Develop Mobile Application with ArcGIS Developers”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi pada masing-masing kelompok dengan supervisor masing-masing pada break out room, untuk menyelesaikan project yang sedang dikerjakan.

Pada hari keempat, Sabtu, 27 November 2021, kegiatan diadakan secara hybrid, antara online dan onsite di ruang 801, dengan pembicara dari Bapak Rizki Bakhtiar. Beliau membawakan materi mengenai “How to implement Basic Geospatial Analysis using ArcGIS online and ArcGIS Pro”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi pada masing-masing kelompok dengan supervisor masing-masing pada break out room dan kelas-kelas sesuai kelompoknya, dan mendapatkan arahan langsung dari Bapak Rizki Bakhtiar

Pada hari kelima, Senin 29 November 2021, kegiatan diadakan secara hybrid, antara online dan onsite di ruang 801. Pada hari kelima ini, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi setelah 5 (hari) mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan dari berbagai narasumber, sehingga nantinya dapat di submit ke dalam paper atau jurnal terindeks scopus.

Setelah presentasi selesai, para peserta mendapatkan webinar dengan topik “How to transform your research ideas into an international scientific journal” dengan narasumber Bapak Dr. Ir. Derwin Suhartono, dan Bapak Ir. Andry Chowanda, P.hD.

Melalui webinar di hari ke-5 ini, para peserta diharapkan mampu menuangkan project yang dikerjakan ke dalam sebuah jurnal ilmiah, dengan tips dan trik jitu bagaimana supaya di terima di paper ber-reputasi baik.