Kunjungan Peneliti Badan Informasi Geospasial (BIG) ke Geo-AI Lab BINUS

Pada Kamis dan Jumat 10 dan 11 Desember 2021, Geo-AI Research and Innovation Lab, School of Computer Science Bina Nusantara University mendapat kunjungan 4 Peneliti dari Pusat Penelitian, promosi dan Kerjasama Badan Informasi Geospasial (BIG). Sebagaimana kita ketahui BIG mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial baik perumusan, penyusunan rencana, dan pelaksanaan pengawasan fungsional. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BIG dikoordinasikan oleh Menteri yang bertanggung jawab di bidang riset dan teknologi.

Pada kunjungan tersebut, Tim Peneliti BIG menyerahkan Data foto udara resolusi 0.15 Meter dan data Digital Rupa Bumi skala 1: 5,000 yang mana data data tersebut selanjutnya akan digunakan oleh Tim peneliti Geo-AI Lab untuk Penelitian Automatic mapping untuk fitur Tambak maupun sawah dengan menggunakan Deep Learning (DL). Pada kesempatan tersebut juga Tim Geo-AI Lab mendemonstrasikan beberapa Penelitian yang telah dan sedang berjalan antara lain Penelitian mengenai pemetaan bangunan dengan data citra satelit dengan DL maupun pemetaan bangunan dengan menggunakan data foto udara resolusi 0.25 meter yang berlokasi di Sebagian area di kota Jakarta. Selain itu didiskusikan juga mengenai pemanfaatan data citra satelit maupun foto udara dengan DL untuk Penelitian penilaian tingkat kerusakan bangunan akibat bencana alam.

Tim Geo-AI Lab yang berkesempatan hadir pada kunjungan tersebut adalah Dr. Edy Irwansyah, Dr. Alexander Agung S. Gunawan, Fabian S Pramudya, Ph.D dan Calvin (mahasiswa program master track Binus University). Adapun dari Tim BIG adalah Bapak Prayudha Hartanto, MT. Bapak Irwan Hariyono, ST, Ibu Ayu Nur Safii, ST dan Ibu Yustisi Ardhitasari Lumban Gaol, ST., M.Sc. Semoga dengan kunjungan tersebut selanjutnya dapat dibangun kerjasama penelitian dan desiminasi hasil Penelitian khususnya yang terkait dengan bidang Geo-AI dan umumnya dalam bidang geospasial yang lain.