Pelatihan Deep Learning Geo-AI

Rangkaian Kegiatan Geo-AI Research and Innovation Lab BINUS dilanjutkan dengan pelatihan Deep learning. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis dan Jumat 25-26 November 2021. Asisten Peneliti yang tergabung kedalam Geospatial Artificial Intelligence Lab, mengikuti training yang diadakan oleh PT. Sinergi Wahana Gemilang (SWG). Training yang diadakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan, kepada Asisten Peneliti dalam melakukan analisis Geospatial menggunakan metode Artificial Intelligence dengan bantuan tools ArcGIS Pro.  

Hari pertama training diisi dengan materi dasar mengenai apa itu Artificial Intelligence, dan bagaimana AI dapat digunakan untuk membatu proses analisis geospatial. Cabang ilmu Artificial Intelligence yang dipelari adalah metode Machine Learning dan Deep Learning. Machine Learning diimplementasikan untuk menyelesaikan masalah klasifikasi, klasterisasi, dan prediksi. Deep Learning diimplementasikan untuk melakukan Pixel Classification, Obejct Detection, Instance Segmentation, dan Image Classification. Training hari pertama dilengkapi dengan latihan bagaimana mengimplementasikan Deep Learning Workflow pada tools ArcGIS. Use case yang digunakan adalah Object Detection pada pohon kelapa. Workflow dimulai dari yang paling dasar yaitu Collect Samples yaitu melakukan digitasi pada pohon raster data pohon kelapa, dilanjutkan dengan Export Training Samples dimana hasil digitasi diexport menjadi potongan potongan images, kemudian setelah Training Samples terbentuk, flow berikutnya adalah Training model. ArcGIS Pro telah menyediakan beberapa model Deep Learning yang dapat digunakan untuk Object Detection sehingga proses training model dapat dilakukan dengan lebih sederhana. Hasil dari proses Training Model adalah sebuah model Deep Learning yang telah memeiliki pengetahuan untuk melakukan deteksi objek pohon kelapa, kemudian proses terakhir dari workflow adalah Perform Inference yaitu mengimplementasikan model yang sudah ditraining untuk mendeteksi objek phon kelapa pada raster data lainnya. 

Training hari kedua dilanjutkan untuk memberikan pengalaman yang utuh, dalam aktifitas analisis Geospatial menggunakan Artificial Intelligence. Training hari kedua mengajarkan bagaimana Deep Learning Workflow pada tools ArcGIS diimplementasikan pada use case lainnya yaitu Pixel Classification, Instance Segmentation, dan Image Classification. Latihan dilakukan pada seluruh langkah yang ada pada Deep Learning Workflow yaitu Collect Samples, Export Training Samples, Training Model, dan Perform Inference.

Training yang dilakukan memberikan keterampilan kepada seluruh peserta Asisten Peneliti Geospatial Artificial Intelligence Lab dalam menjalankan Deep Learning Workflow pada tools ArcGIS, bekal awal ini dapat dikembangkan untuk memfasilitasi penelitian yang dilakukan oleh asisten peneliti di kemudian hari.