Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Case Study

Pada Jumat tanggal 07 Oktober 2022, team penerima hibah Matching Fund Kedaireka 2022 School of Computer Science (SoCS) Bina Nusantara University bersama mitra Esri Indonesia menyelenggarakan pertemuan dalam rangka untuk kegiatan Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Case Study. Kegiatan utama dari pertemuan ini adalah pembahasan mengenai konten dan jadwal untuk penyusunan modul perkuliahan untuk mata kuliah terpilih dan relevan untuk mendukung pengembangan Geo-AI termasuk digital twin dan green economy khususnya di Computer Science Department, School of Computer Science (SoCS), Bina Nusantara University. Telah diusulkan dan dan disetujui tiga mata kuliah yang nantinya akan dikembangkan materi perkuliahaanya dengan case study Geo-AI, yaitu:

  1. Geographic Information System (GIS)
  2. Big Data Processing
  3. Computer Vision

Diskusi terkait dengan mata kuliah diatas adalah meliputi pengembangan Cource Outline (CO), online resource (OR) serta video-based learning (VBL) yang bersumber dari case study. GIS adalah mata kuliah yang mempelajari bagaimana sebuah sistem komputer dapat dikembangkan untuk menangkap, menyimpan, memeriksa, dan menampilkan data yang terkait dengan obyek dan posisi obyek tersebut di permukaan bumi. Mata kuliah Big Data Processing adalah mata kuliah yang mempelajari teknik dan model pemrograman terkait data (spasial dan non spasial) dalam jumlah besar untuk mengekstrak informasi yang berguna untuk mendukung dan memberikan keputusan. Adapun mata kuliah Computer Vision yang terkait Geo-AI, Computer Vision merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan komputer untuk melihat dan mengenali objek yang ada di sekitarnya layaknya manusia. Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, Computer Vision menjadi salah satu teknologi baru yang dimanfaatkan untuk dikombinasikan dengan Data Science dengan bantuan Deep Learning. Hasil dari diskuisi adalah finalisasi materi dan jadwal untuk penyusunan CO, OR dan VBL dengan aspek Geo-AI pada 3 mata kuliah tersebut sehingga diharapkan dapat mengenalkan Geo-AI kepada mahasiswa di lingkungan CS, SoCS, Bina Nusantara University.

Pertemuan menyepakati beberapa hal terkait dengan pengembangan modul, yang pertama adalah (1) penentuan Subject Metter Expert untuk masing masing matakuliah adalah sebagai berikut: Ibu Vini Indriasari, Ph.D untuk MK GIS, Ibu Kristien Margi Suryaningrum, M.Kom untuk MK Big Data Processing dan Bapak Hidayaturrahman, S.Kom., MT untuk MK Computer Vision. (2) Penentuan konten CO dan OR yang akan di susun/revisi meliputi penambahan minimal 1 topik baru di 1 session dan beberapa revisi yang diperlukan untuk beberapa session pertemuan yang lain. Adapun total pertemuan/session untuk masing masing mata kuliah adalah 13 pertemuan baik dengan ataupun tanpa materi praktikum. Untuk materi video berdurasi 7 – 10 menit, (3) Jadwal penyusunan modul materi (CO dan OR) akan segera dimulai setelah pelaksanaan pertemuan Adapun untuk pengembilan gambar dan materi untuk video (Shooting) dijadwalkan pada akhir Oktober hingga awal November 2022.

Pertemuan kemudian ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara tim penyusun modul perkuliahan dan team penerima hibah Matching Fund Kedaireka 2022. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, selanjutnya Geo-AI Lab mampu memberikan sumbangsih yang positif dalam proses belajar mengajar di School of Computer Science Universitas Bina Nusantara dan meningkatkan kerja sama peneilitian maupun pengembangan teknologi Geo-AI.