Seminar Ilmiah Terbuka/Umum “Teknologi Digital Twin Untuk Perencanaan Ruang”

Berlangsung secara hybrid, pada tanggal 06 Oktober 2022, team penerima hibah matching fund Kedaireka school of computer science (SoCS) Bina Nusantara University bersama mitra Esri Indonesia menyelenggarakan seminar Ilmiah terbuka/umum dengan topik “teknologi digital twin untuk perencanaan ruang”. Digital Twin adalah sebuah model virtual dari sebuah Langkah kerja atau pelayanan dimana manusia dapat menganalisa ataupun memantau sistem tersebut agar dapat mengenahui masalah yang timbul dengan cepat. Seminar bertujuan untuk memperkenalkan digital twin sebagai salah satu teknologi terbaru dalam bidang geospasial informasi serta sharing pengalaman dari para narasumber mengenai pemanfaatan teknologi.  Seminar dibuka secara langsung oleh Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom selaku Dean School of Computer Science, Bina Nusantara University.

Pada sesi pertama dari pelaksana seminar, narasumber adalah Dr. Deni Suwardhi, S.T., M.T dari  Kelompok Keahlian Inderaja dan Sains Informasi Geografis, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyampaikan materi dengan judul “Digital Twin for Land Administration”. Narasumber ke-2 adalah Heru Hernawanto, S.T., M.Si sebagai Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, Pemprov DKI. Jakarta yang menyampaikan materi dengan judul “Teknologi Digital Twin untuk Perencanaan Ruang dan Bangunan di Provinsi DKI. Jakarta. Adapun Narasumber ke-3 adalah Indika Aries Pratama, ST  selaku Client Success Manager, ESRI Indonesia yang menyampaikan materi dengan judul “Teknologi GeoBIM untuk Pengembangan Digital Twin bagi Perencanaan Tata Ruang”. Keseluruhan sesi dimoderatori oleh Fabian Surya Pramudya, Ph.D selaku pengajar pada Departemen Mathematic dan Statistic, School of Computer Science, Bina Nusantara University.

Pelaksanaan Seminar dimulai pukul 13.30 dan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB dengan jumlah peserta 680 orang yang berasal dari mahasiswa, dosen serta peneliti dari Binus dan luar binus, perusahaan swasta, konsultan, institusi pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat serta asosiasi profesi professional maupun keilmuan yang berasal dari seluruh Indonesia. Penyampaian materi oleh narasumber diakhiri dengan sesi tanya jawab yang mana terpilih beberapa pertanyaan yang menarik dan relevan untuk untuk ditanggapi sesuai dengan materi yang disampaikan dan keahlian masing masing narasumber.