Focus Group Discussion (FGD) Dengan PEMDA

Bertempat di Ruang 503 Kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara Jakarta pada tanggal 21 Oktober 2022 dari pukul 13.30 hingga 17.00 WIB telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dihadiri oleh Pemda DKI Jakarta, Dosen Universitas Bina Nusantara, PT. Esri Indonesia dan para mahasiswa School of Computer Science (SoCS) yang mengikuti program internship di program SoCS – Kedaireka 2022. Dari pihak Pemda DKI Jakarta dihadiri oleh Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DCKTRP) DKI Jakarta Bapak Heru Hermawanto, ST., M.Si dan Staf yaitu Ibu Tenty Melvianti Legarias, S.Kom., M.Si, Ibu Lilis Chodijah, Bapak Rui Giusti dan Bapak Tri Widodo. Adapun dari pihak SoCS dihadiri oleh Bapak Ir. Sablin Yusuf, M.Sc selaku Advisor SoCS, para dosen anggota peneliti dan asisten peneliti hibah Matching Fund Kedaireka tahun 2022 serta para mahasiswa yang terlibat pada program internship SoCS – Kedaireka 2022. Adapun dari mitra hadir Ibu Nadira Nuri Auliani  selaku Education and Community Program Lead PT. Esri Indonesia.

Kegiatan FGD dibuka dengan sambutan dari masing masing pihak yang diwakili oleh Dr. Ir. Edy Irwansyah, ST., M.Si., IPM., ASEAN Eng selaku ketua pelaksana program Hibah,  Ir. Sablin Yusuf, M.Sc selaku Advisor SoCS Binus, Bapak Heru Hermawanto, ST., M.Si dari Dinas CKTRP dan Ibu Nadira dari PT. Esri Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari Kepala Dinas CKTRP mengenai kegiatan/project yang disedang dan akan dijalankan oleh dinas terkait yang memanfaatkan data dan informasi geografis serta kemungkinan untuk keterlibatan mahasiswa internship pada kegiatan tersebut. Detail dan daftar project/kegiatan yang sedang dan akan dijalankan pada tahun ini dan tahun depan, dijelaskan selanjutnya oleh Ibu Tenty Melvianti Legarias, S.Kom., M.Si dari bagian Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas CKTRP DKI Jakarta. Project prioritas yang saat ini menjadi fokus dari Dinas, salah satunya adalah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yaitu Smart RDTR sebagaimana progres sementara telah dipublikasikan dan dapat dilihat pada website Jakarta Satu di http://www.jakartasatu.jakarta.go.id.  Smart RDTR  meliputi akses publik pada peta dan naskah RDTR 2022 wilayah perencanaan Provinsi DKI Jakarta, pelayanan mandiri informasi rencana kota (IRK) dan konfirmasi kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKKPR) serta simulasi perhitungan internsitas ruang. Selain itu diinformasikan juga beberapa kegiatan lainnya seperti pemetaan dan pengembangan aplikasi simulasi banjir, perhitungan pohon (tree counting) secara otomatis dengan menggunakan deep learning dari data citra satelit dan foto udara, segmentasi bangunan dan ekstraksi dan rekonstruksi bangunan tiga dimensi (3D) menggunakan data Light Detection and Ranging (LIDAR). Selanjutnya sharing informasi disampaikan oleh Ibu Nadira mengenai dukungan teknologi Esri terutama ArcGIS platform yang dapat digunakan pada kegiatan kegiatan yang akan menjadi topik pada internship mahasiswa. Setelah sesi sharing, kegiatan FGD dilanjutkan dengan tanya jawab oleh dosen dan mahaswa yang akan ditanggapi oleh bapak Heru Hermawanto beserta staf dan juga Ibu Nadira dari Esri Indonesia.

Setelah sesi presentasi dari seluruh narasumber Pemda dan mitra Esri Indonesia, selanjutnya masing masing mahasiswa yang telah dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2-3 orang,  diperkenankan untuk menempati ruangan kelompok yaitu di ruang 503, 504, 505 dan 506 beserta dosen pembimbing Internship masing masing. Adapun kegiatan di masing masing ruangan adalah diskusi untuk penentuan topik topik yang akan menjadi project mahasiswa internship sebagai contoh pada ruang 505 telah ditentukan project mahasiswa meliputi tree counting dengan deep learning, building segmentation dengan deep learning, estraksi dan pemodelan bangunan 3D dengan data LIDAR dan flood mapping and modelling. Kepala Dinas CKTRP dan seluruh staf yang terlibat selanjutnya akan masuk ke masing masing ruangan untuk secara lebih detail mendiskusikan mengenai pemilihan project mahasiswa termasuk metode dan data yang akan digunakan serta didukung oleh pihak Dinas CKTRP. Setelah kegiatan FGD dengan Pemda, selanjutnya adalah proses diskusi dan bimbingan kepada masing masing kelompok mahasiswa baik yang akan dilakukan oleh masing masing dosen pembimbing internship, staf Dinas CKTRP maupun dari pihak mitra PT. Esri Indonesia.

Total mahasiswa yang telibat pada kegiatan ini adalah sebanyak 53 mahasiswa dengan dibimbing oleh 6 orang dosen pembimbing dari SoCS, Universitas Bina Nusantara.  Semoga model kolaborasi dari tiga pihak yang didanai oleh Hibah Matching Fund Kedaireka tahun 2022 dalam hal ini Universitas (S0CS Binus), Swasta (PT. Esri Indonesia) dan Pemerintah (Dinas CKTRP  Provinsi DKI. Jakarta) dapat menjadi contoh yang baik serta memberi kesempatan bagi mahasiswa dan dosen SoSC Binus berkegiatan diluar kampus pada kegiatan nyata dan bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat selama 1 semester atau setara 20 SKS sesuai dengan salah satu tujuan dari merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).