Sertifikasi Kompetensi bagi Dosen

Pada hari Sabtu Tanggal 5 November 2022, bertempat diruang Ranggong, Lumire Hotel and Convention Center Jl. Senen Raya No. 135, Jakarta 10410 – Indonesia telah dilaksanakan kegiatan uji kompetensi bagi dosen School of Computer Science (SoCS). Uji kompetensi dilaksanakan sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB yang diikuti oleh 10 orang dosen sebagai berikut:

    1. Dr. Alexander A.S Gunawan
    2. Syarifah Diana Permai, M.Si
    3. Santy, M.Sc
    4. Fabian Surya Pramudya, Ph.D
    5. Dr. Devi Fitrianah
    6. Margaretha Ohyver, M.Si
    7. Dr. Alfi Yusrotis Zakiyyah
    8. Noviyanti Tri Maretta Sagala, M.Sc
    9. Vini Indriasari, Ph.D
    10. Kristien Margi Suryaningrum, M.Kom.

Ujian Sertifikasi kompetensi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Global sebagai salah satu LSP yang memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang beralamat kantor di Jalan Lebak Bulus Raya Komplek Ruko Victory 88 No. 88 B Cilandak Jakarta Selatan. Adapun skema yang diujikan adalah untuk skema Data Analis yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) No 299 Tahun 2020 Kategori Informasi dan Komunikasi dengan golongan pokok aktivitas Pemrograman, Konsultansi Komputer dan Kegiatan yang berhubungan dengan Bidang keahlian Artificial Intelligence subbidang Data Science. Proses Uji kompetensi dilakukan dalam tiga tahap yaitu tes tertulis, penyelesaian soal kasus yang membutuhkan kompetensi teknis analisa data secara mandiri dan penyelesaian soal kasus yang membutuhkan kompetensi teknis analisa data secara berkelompok.  Adapun unit kompetensi yang diujikan terdiri dari 7 unit kompetensi yaitu unit kompetensi mengumpulkan data (J.62DMI00.004.1), Menelaah data (J.62DMI00.005.1), Memvalidasi data (J.62DMI00.006.1), Memilah data (J.62DMI00.007.1), Membersihkan data (J.62DMI00.008.1), Mengkonstruksi data (J.62DMI00.009.1) dan unit kompetensi Menggunakan data (J.62DMS00.019.1).

Sebagai asesor yang ditunjuk oleh LSP TIK Global untuk melaksanakan uji kompetensi adalah Hari Setiabudi, M.Si yang selain sebagai asesor kompetensi dari BNSP, juga penulis buku “Implementasi Enterprise Resource Planning” dan “Evaluasi Sistem Informasi” serta A. Irwan Fasihi yang merupakan asesor kompetensi BNSP serta berpengalaman lebih dari 9 tahun bidang pelatihan, produktivitas dan pemagangan selain  sebagai analis kelembagaan kursus dan pelatihan pada Dinas Ketenagakerjaan. Diharapkan dari kegiatan uji kompetensi tersebut, para peserta dapat dinyatakan kompeten dan berhak memperoleh pengakuan kompetensi dalam bidang dan tingkat sebagaimana skema yang diujikan oleh negara melalui BNSP.