Pelatihan Bagi Dosen: Building 3D Cities Using Esri CityEngine

Dalam rangka mendukung kegiatan pelatihan dan sertifikasi bagi Dosen, pada hari Rabu s/d Jumat 9-11 November 2022 telah dilaksanakan Pelatihan Building 3D Cities Using Esri CityEngine di Gedung CAPITAL PLACE yang diselenggarakan oleh PT. Sinergi Wahana Gemilang (Ruang Creativity & Empathy) Jalan Jend. Gatot Subroto Kav 18, 26th Floor – Jakarta Selatan 12710, Indonesia. Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dari pukul 09.00-16.30 WIB yang diikuti oleh 2 orang dosen pada School of Computer Science (SoCS) Bina Nusantara University yang merupakan anggota peneliti hibah kedaireka tahun 2022 yaitu Fabian Surya Pramudya, Ph.D dan Heri Ngarianto, S.Kom., M.TI. Training yang diadakan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan mendalam kepada peserta guna dapat menghasilkan model 3D yang sangat realistis secara efisien menggunakan software Esri CityEngine dalam rangka membangun aplikasi Digital Twin yang akan dikhususkan pada daerah terpilih di kota Jakarta. Materi pelatihan disampaikan oleh Ibu Regina Maria Hitoyo, ST.

Hari Pertama training diisi dengan materi pengenalan Esri CityEngine, bagaimana mengelola dan membangun fondasi kota 3 dimensi, serta tools untuk perencanaan dan desain kota. Sumber:https://www.arcgis.com/home/group.html?id=2c676a58747346979aee487ed4592222&searchFacet=card+dropdown+item+details&view=list#content

Training hari kedua dilanjutkan dengan materi Sharing 3D content, Basic CGA shape grammar, dan Importing and modifying rules. Pada materi tersebut mendownload sebuah proyek yang sudah disediakan, selanjutnya membuat sebuah bangunan baru seperti: rumah, gedung apartemen, taman kota, dan jalan. Materi selanjutnya adalah mengedit material melalui file CGA, yang digunakan untuk memvisualisasikan, mendesain, dan memodifikasi model 3D. Model proyek yang sudah jadi di ekspor dalam format CityEngine Webscane, dan ditampilkan lewat browser.

Sumber: https://doc.arcgis.com/en/cityengine/latest/cga/cityengine-cga-introduction.htm

Selanjutnya hari ketiga training membahas materi Writing rules, Detailed modeling with CGA, dan Putting it all together. Tujuan materi ini untuk membuat sebuah dashboard, berapa jumlah rumah dan gedung apartemen yang terbangun di kota tersebut.

Sumber: https://doc.arcgis.com/en/cityengine/latest/tutorials/cityengine-tour.htm