Papaparan Kemajuan Hilirisasi Teknologi Geo-AI berbasis Web

Pada Jumat, 31 Mei 2024, tim Peneliti dan Mahasiswa Bina Nusantara University (Binus) School of Computer Science melalui RIG Geospatial and Economic Artificial Intelligence (Geo-Eco AI) melakukan kunjunan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam rangka Memaparkan kemajuan sementara dari kegiatan hilirisasi Teknologi Geo-AI berbasis Web “Geo-Bee Dashboard” yang didanai oleh Proyek Inisiatif BINUS 2024.

Pada tahap pertama ini, tim Peneliti dan Mahasiswa Binus yang diwakili oleh Dr. Ir. Edy Irwansyah, Dr. Ir. Alexander AS Gunawan, Ir. Andry Chowanda, Ph.D, Fabian S. Pramudya, Ph.D, M. Keenan Ario, M.Kom, M. Edo Syahputra, M.Kom, Said Achmad, M.Kom, Hari Andrew, Syauqi Akmal Defansyah, dan Richie Muljana memaparkan hasil riset aplikasi GeoBee Dashboard: Intelligence Geospatial Dashboard di Ruang Tangerang Live Room, yang dihadiri oleh Kepala Diskominfo Ibu Hj Indri Astuti beserta jajaran. Dalam pertemuan ini BINUS mendapatkan dukungan penuh dari Diskominfo Pemerintah Kota Tangerang dalam perancangan aplikasi pengelolaan sampah berbasis geospasial yang mengadopsi Teknologi Geo-AI berbasis Web “Geo-Bee Dashboard” yang sedang dikembangkan.

Kepala Diskominfo, Ibu Hj Indri Astuti mengatakan pada paparan tersebut disampaikan bahwa ada beberapa fokus yang diakses melalui aplikasi bernama Geo Bee Dashboard. Fokus utama akan pada pengelolaan sampah berbasis geospasial. Wawancara selengkapnya dapat diakses melalui Akun Instagram Resmi Tangerang Satu Peta yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang