MoU antara BINUS dan SuperMap Software Co, Ltd dalam Geospatial Intelligence Software Technology Conference (GISTC) 2024

Bina Nusantara University yang diwakili oleh Ir. Andry Chowanda S.Kom., MM, Ph.D., MBCS, CCP, CME, IPM, SMIEEE, Fabian Surya Pramudya, ST., MT., Ph.D, dan Santy, S.Kom, M.Kom mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam Geospatial Intelligence Software Technology Conference (GISTC) 2024 China National Convention Center, Beijing, China, dari tanggal 25 hingga 26 Juni 2024. GISTC 2024 diselenggarakan bersama oleh Federasi Surveyor Internasional (FIG), beberapa departemen pemerintah dan asosiasi akademis terkemuka di Tiongkok, dan SuperMap Software Co, Ltd, yang didukung oleh Pusat Pengetahuan dan Inovasi Geospasial Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGGKIC), serta diselenggarakan oleh Pusat Inovasi Teknologi Sistem Informasi Geografis Kementerian Sumber Daya Alam Republik Rakyat Tiongkok. SuperMap saat ini adalah market leader untuk Teknologi Geospasial di Asia dan dunia.

Sejak debutnya pada tahun 2017, konferensi ini telah mengundang puluhan ribu peserta dari seluruh dunia termasuk para pemimpin departemen pemerintah, akademisi, pakar, dan talenta dari perusahaan IT terkemuka, dan eksekutif dari perusahaan geospasial terkenal dari seluruh dunia. Konferensi ini memiliki pengaruh besar dalam industri geospasial di Asia dan dunia pada umumnya. Saat ini, kekuatan produktif baru yang berkualitas dan memiliki inovasi sedang mengubah cara-cara pertumbuhan ekonomi dan jalur pengembangan produktivitas. Kecerdasan geospasial merupakan dasar untuk informatisasi berbagai industri di bidang ekonomi dan masyarakat, dan telah diterapkan secara mendalam pada tata kelola sumber daya alam, manajemen operasi perkotaan, tata kelola sosial, dan bidang-bidang lainnya, yang menjadikannya sebagai mesin penting bagi kekuatan produktif baru yang berkualitas yang mendorong transformasi digital.

Dalam kegiatan ini, dilangsungkan penandatangan MoU antara Bina Nusantara University dengan SuperMap sebagai partner riset terkait Geospatial AI dalam kegiatan GISTC International Forum 2024. Dalam kegiatan ini, Bina Nusantara University diwakilkan oleh Ir. Andry Chowanda S.Kom., MM, Ph.D., MBCS, CCP, CME, IPM, SMIEEE dan SuperMap diwakilkan oleh Evelyn Sun selaku General Manager. Dalam mata acara berikutnya, Bina Nusantara University juga berkesempatan untuk menyampaikan paparan dalam bentuk presentasi ang diwakilkan oleh Fabian Surya Pramudya, ST., MT., Ph.D dengan topik Utilization of Supermap Technologies in BINUS’ Multidisciplinary Research Interest Group (RIG) for Student Enrichment Programme, yang juga sekaligus mewakili Indonesia dalam konferensi ini.

Dengan tema “Kecerdasan Geospasial, Mendorong Pengembangan Kualitas”, konferensi ini akan berpusat pada topik-topik yang mencakup teknologi perangkat lunak platform GIS dan aplikasi GIS di bidang sumber daya alam, konservasi air, meteorologi, lingkungan, perumahan, bandara, dan lain-lain. Konferensi ini bertujuan untuk berbagi kemajuan terbaru dalam memberdayakan berbagai macam industri dengan teknologi dan produk intelijen geospasial yang dimungkinkan dengan mengintegrasikan SIG secara mendalam dengan RS, GPS, dan teknologi TI mutakhir, serta mendiskusikan bagaimana intelijen geospasial dapat mendorong pembangunan berkualitas tinggi melalui inovasi. Diharapkan kegiatan ini menjadi momentum untuk pengembangan keilmuan Geospatial AI di Bina Nusantara University melalui RIG AI in Geospatial and Economics